Berita

Rektor : Perpustakaan Adalah Jantung Akademik

(iainfmpapua.ac.id) – Perpustakaan adalah jantung pelayanan akademik. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si mengungkapkan hal ini dalam sambutan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat di Lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 12 Juli 2021.

Rektor melantik pejabat fungsional

“Pejabat fungsional yang dilantik hari ini yakni Arsiparis dan Pustakawan diharapkan dapat mengemban tugas baru, dimana salah satu tugas kepala perpustakaan yakni mengkoordinir tugas-tugas kepustakaan,” jelasnya. Menurutnya, menjadi Pustakawan merupakan tugas yang mulia karena perpustakaan merupakan jantungnya akademik. “Karena perpustakaan itu sumber literasi, maka para pejabat yang menduduki jabatan tersebut diharapkan dapat membuat ide-ide dan inovasi untuk meningatkan mutu perpustakaan,” terangnya.  Ia menyarankan, pihak perpustakaan dapat menambah atau menerapkan fitur e-book. “Nantinya fitur tersebut dapat diakses melalui website perpustakaan dengan mendaftar sebagai anggota, sehingga pengunjung bisa mendownload atau meminjam buku dalam bentuk digital,” terangnya. Menurutnya fitur tersebut dapat mempermudah dosen-dosen dan mahasiswa yang ingin mencari sumber-sumber bacaan. “Dengan sendirinya akan meningkatkan mutu perpustakaan,” paparnya.

Untuk Arsiparis, lanjutnya, diharapkan dapat mengikuti perkembangan jaman. “Karena pola pengarsipan dokumen saat ini berbasis digital, sehingga diharapkan Arsiparis dapat memiliki kemampuan teknologi informasi agar dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal sehingga dapat menjadi Arsiparis yang dinamis sesuai perkembangan teknologi,” jelasnya.

Rektor menambahkan bahwa pejabat yang baru dilantik akan tetap mendapat tugas tambahan melaksanakan tugas atas perintah atasan. “Atasan fungsional ada dua, yakni atasan yang tugasnya untuk menilai dan yang tugasnya memonitoring pekerjaan, sebagai contoh seperti kaprodi, tetap menjalankan tugas fungsionalnya yakni sebagai dosen,” terangnya.

Rektor melantik Agung Budiono, S.Sos., M.Pd dan Sahibul Kahfi, S.Pd.I dalam jabatan fungsional Pustakawan, serta Leni Hartatik, S.Sos.I. sebagai Arsiparis. Pelantikan yang dihadiri para pejabat dilingkup IAIN Fattahul Muluk Papua ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments