Syariah

Di IAIN Fattahul Muluk Fakultas Syariah terbagi menjadi tiga prodi yakni :

1. Hukum Ekonomi Syariah
2. Hukum Keluarga Islam
3. Hukum Tata Negara

Fasilitas yang di sediakan oleh IAIN Fattahul Muluk Papua .
Berikut Fasilitasnya :
– Ruang kelas yang nyaman
– Masjid
– Perpustakkan berbasis Online
– Beasiswa
– Gedung kuliah terpadu
– dan UKM

VisiUnggul dalam pemaduan dan pengembangan Hukum Tata Negara (Siyasah Syar`iyyah) bagi  peradaban.
MisiMengembangkan paradigma integratif-interkonektif pada proses pendidikan dan pengajaran dalam bidang Hukum Tata Negara (Siyasah Syar`iyyah).Mengembangkan budaya riset integratif-interkonektif dalam bidang Hukum Tata Negara (Siyasah Syar`iyyah).Meningkatkan peran serta prodi dalam pemberdayaan masyarakat melalui penerapan Hukum Tata Negara (Siyasah Syar`iyyah).Mengembangkan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.
TujuanMenghasilkan lulusan berparadigma integratif-interkonektif yang profesional dalam bidang Hukum Tata Negara (Siyasah Syar`iyyah), berakhlak mulia, berjiwa mandiri dan peka problem sosial.  Menjadikan Prodi Hukum Tata Negara (Siyasah Syar`iyyah) sebagai pusat kajian dan penelitian Hukum Tata Negara (Siyasah Syar`iyyah) berparadigma integratif interkonektif.Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang Hukum Tata Negara (Siyasah Syar`iyyah)  yang bermanfaat dan berkelanjutan.Terbangunnya jaringan kerjasama yang kokoh dan fungsional dengan berbagai pihak baik nasional maupun internasinal.

Profil Lulusan

  • Hakim. Praktisi hukum yang berkemampuan dalam menerima, memeriksa, mempertimbangkan, menganalisisi, dam membuat keputusan terhadap kasus-kasus hukum yang terjadi di lingkungan Peradilan Agama.
  • Politisi. Praktisi hukum tata negara yang berkemampuan dalam mengidentifikasi, menganalisisi, dan mengambil keputusan di lembaga eksekutif maupun legislatif.
  • Legal Drafter. Praktisi yang terampil dalam menyusun dan merancang Undang-Undang yang sesuai dengan analisis legal, tata bahasa, dan bersesuaian dengan peraturan lainnya.
  • Advokat. Praktisi hukum yang profesional dalam memberikan jasa layanan hukum baik di dalam maupun di luar pengadilan.
  • Peneliti. Peneliti yang berkemampuan dalam melakukan penelitian dasar dan terapan di bidang hukum tata negara Islam.