Berita

Fakultas Tarbiyah Gelar Pembekalan PPL Virtual

Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H.M. Dahlan Sain, M.M

(www.iainfmpapua.ac.id) – Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri IAIN Fattahul Muluk Papua menggelar Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Virtual Tahun Akademik 2020/2021 di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 9 September 2020.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. HM. Dahlan Sain, S.Ag, MM mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan tiap tahun akademik.

“Bisa jadi kita akan gelar selama dua kali dalam setahun jika ada banyak mahasiswa yang siap untuk melaksanakan PPL, sebagaimana kegiatan Kuliah Kerja Nyata,” ujarnya.

Dalam masa pandemi atau wabah yang melanda dunia saat ini, pelaksanaan PPL tidak dapat dilakukan dengan wajar sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya. Menurut Dahlan, biasanya PPL maupun KKN dilaksanakan di tempat-tempat yang sudah ditentukan di luar kampus. “Bisa di sekolah-sekolah di seluruh Jayapura, atau di lembaga pendidikan lainnya sesuai bidang pendidikan yang ditempuh mahasiswa,” tambahnya.

Namun dalam masa Pandemi Covid-19, pelaksanaan PPL akan dilakukan secara virtual atau secara online. “Semoga pola kegiatan yang praktis, singkat ini kelak dapat digelar di kampus secara terintegrasi,” paparnya. Dahlan meminta para mahasiswa PPL menjaga nama baik kampus dalam praktik lapangan. “Saudara akan bertemu banyak perangkat sekolah dengan berbagai karakter dan kondisi, maka harap memperhatikan etika yang baik dalam berkomunikasi dan menerapkan ilmu akademik dengan tepat,” ucapnya.

Ketua Panitia Debby Riana Hairani, M.Pd menjelaskan, Pembekalan PPL Virtual diikuti oleh mahasiswa dari enam program studi (Prodi) yakni, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI),Prodi Tadris Matematika, Prodi Tadris Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Prodi Managemen Pendidikan Islam (MPI).” Secara umum tujuan pembekalan ini memberikan bekal ilmu kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah atau lembaga, untuk melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan yang telah didapatkan selama di bangku kuliah,” urai Debby.”Untuk pelaksanaan PPL di Sekolah-sekolah akan dilaksanakan pada tanggal 13 September sampai 11 Desember 2020,” imbuhnya.

Ia meminta mahasiswa menjalankan seluruh tahapan PPL dengan baik.

“Mahasiswa diharapkan menerapkan ilmu, dapat menyesuaikan kondisi dan tujuan, menguasai teori-teori tentang pendidikan yang sudah diperoleh selama ini,” terangnya.

Pembekalan PPL diikuti oleh 103 mahasiswa dari enam Program Studi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan dihadiri oleh pejabat dan dosen di lingkungan Fakultas tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua dengan menerapkan protokol kesehatan. (Min/Zul/Her/Ran).

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments