Berita

Gelar FGD Nasional, DWP Tanamkan Good Values

(iainfmpapua.ac.id) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Focus Group Discussion FGD nasional di Surakarta, 25 – 26 Oktober 2021.

Penasehat DWP Kemenag Hj. Eny Ratna Yaqut menekankan pentingnya anggota DWP menanamkan good values tentang Islam yang rahmatanlilalamin terutama kepada anak-anak. “Agar kita dapat membentuk karakter hingga mereka dewasa, bagaimana mengajarkan perbedaan, beriinteraksi terhadap masyarakat yang berbeda keyakinan, sehingga kita bisa aman, nyaman dan damai bersilaturahmi kepada pemeluk agama lain,” paparnya.

Selain itu, Eny meminta DWP juga menjadi agen dan pioneer dalam penguatan moderasi beragama, dan melakukan kegiatan-kegiatan positif webinar, pengajian, yang sasarannya dapat melibatkan anggota, mahasiswa dan seluruh civitas kampus.  Eny juga menyebutkan pentingnya praktek moderasi beragama. “Penguatan moderasi beragama ini ialah upaya yang dilakukan secara sistematis, terprogram dan terus menerus untuk mewujudkan cara pandang, sikap, tingkah laku dalam praktik beragama yang tidak berlebih-lebihan, karena sesuatu yang berlebihan tentunya kurang baik,” pungkasnya.

FGD Nasional bertemakan ‘Peran DWP Dalam Penguatan Literasi Moderasi Beragama’ ini diikuti para Ketua DWP Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

Ditemui terpisah, Ketua DWP Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Masyitha Fachria Alhamid, S.E mengatakan bahwa diskusi dalam FGD ini memberikan banyak manfaat kepada anggota DWP dalam hal pemahaman tentang moderasi beragama.

Hj Eny Retno Yaqut bersama Masyitha F Alhamid, SE

“Terutama di Papua, sikap toleransi mutlak dimiliki karena kita selalu bersentuhan dengan masyarakat yang majemuk,” ujarnya kepada Tim Humas. Ia berharap agar DWP dapat mengadakan Training of Trainer (TOT) lebih mendalam seputar pelatihan tentang moderasi beragama. “Agar kita dapat mengelola isu-isu sensitif tentang beragama yang sering digiring ke arah kepentingan tertentu, yang bisa  berdampak tidak baik di masyarakat,” tutupnya.

FGD Nasional DWP ini digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta, yang bertepatan dengan momen perhelatan akbar AICIS ke-20 tahun 2021. (*)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments