Berita

Gelar PKM, PPs IAIN Papua Ingin Tingkatkan Akreditasi

(iainfmpapua.ac.id) – Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan ‘Pembekalan Pengabdian Kepada Masyarakat’ di aula kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 29 Januari 2022.

“Kegiatan ini adalah bagian dari ujian komprehensif sebelum masuk proposal tesis yang diwujudkan dalam bentuk praktek pengabdian kepada masyarakat atau PKM untuk meraih dan meningkatkan akreditasi,” ujar Direktur PPs IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Husnul Yaqin, MH menyampaikan sambutan.

Dr H Husnul Yaqin, MH

Dalam prakteknya di masyarakat, PPs akan menunjuk beberapa dosen sebagai pembimbing lapangan untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Keluarga Islam (HKI). “Unturk Prodi HKI, mahasiswa dapat memberikan penyuluhan tentang hukum keluarga Islam, demikian juga untuk Prodi PAI misalnya tentang pemberian pendidikan atau penyuluhan tata kelola majelis taklim, atau kurikulum pendidikannya, dan sejenisnya,” ucapnya. Husnul berpesan para mahasiswa agar hadir memberikan kesejukan dengan penyuluhan hukum dan pendidikan di masyarakat.

Wakil Direktur PPs IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H Miftahul Huda, MH yang juga memberikan materi dalam kegiatan pembekalan ini menyampaikan bahwa praktek ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa PPs kepada masyarakat. “Tujuannya untuk  memberikan solusi tentang berbagai persoalan di masyarakat, berdasarkan kajian akademik, seperti pelayanan penyuluhan hukum, soal undang-undang perkawinan menyangkut batasan usia nikah, soal nikah siri, tentang tata kelola ormas keagamaan, dan lainnya,” urainya.

Dr H Miftahul Huda, MH

Ia menegaskan bahwa para mahasiswa PPs harus membuat laporan di akhir PKM. “Saat ini selama satu pekan dapat melakukan obserasi dan surat menyurat lebih dahulu, untuk kemudian ditindaklanjuti praktek di Hari Jumat, Sabtu, atau Minggu,” paparnya.

PKM akan tersebar di sembilan titik diantaranya di wilayah Sentani, Distrik Heram, Jayapura Utara, Jayapura Selatan, dan wilayah lain. “Kami harapkan ada sosialisasi keberadaan kampus IAIN Fattahul Muluk Papua dalam kegiatan tersebut,” tutupnya.

Kegiatan ini juga menghadirkan Ketua Prodi HKI Dr. Faisal, M.HI sebagai pemateri. Pembekalan PKM diikuti 12 mahasiswa Prodi PAI dan 20 mahasiswa Prodi HKI PPs IAIN Fattahul Muluk Papua. Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments