Berita

Inilah Pemenang Kompetisi Animasi dan Video SPMB Fakultas Syariah

(www.iainfmpapua.ac.id) – Ahmad Hafid Jakiyudin menjadi pemenang pertama dalam ajang Kompetisi Animasi dan Video SPMB Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua. “Alhamdulillah kita sudah menentukan lima pemenang, selain Hafid dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, juara dua diraih Bambang Edi T dari Prodi Hukum Keluarga Islam, dan juara 3 diraih oleh Fadli Yusuf Rumadai dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah,” ujar Ketua Panitia Muhamad Zainal Abidin, M.E saat dihubungi tim humas IAIN Fattahul Muluk Papua, 8 Juni 2020. Selain itu, Panitia juga menetapkan Abdul Haji Rumodar dari Prodi Hukum Tata Negara sebagai Juara Harapan 1 dan Desi Ayu Safitri dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah sebagai Juara Harapan 2. Menurutnya. peserta lomba sangat kreatif dan kompetitif dalam pembuatan video.

“Disini kita mencari yang baik dari yang terbaik, sehingga ada seleksi dalam penilaian, namun mereka masih butuh bimbingan dan pendampingan berkaitan dengan isi video,” urainya. Dalam penilaian, panitia mengutamakan konten video,  komposisi dan artistik video serta orisinalitas ide. “Tetaplah menjadi kompetitor dalam hal yang baik, tetap menjadi orang yang rendah hati, meskipun sedang tinggi, jangan puas tentang apa yang kamu dapatkan, tapi puaslah saat karya dan jasamu dikenang dan bermanfaat bagi yang lainnya,” pesannya kepada para peserta.

Kolase Foto Pemenang Kompetisi Video Fak Syariah

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Eko Siswanto, S.H, M.H berharap dengan diselenggarakannya lomba video animasi ini akan ada banyak muncul kreativitas mahasiswa di Fakultas Syari’ah untuk membuat video animasi di tengah wabah Covid 19 ini. “Semoga masyarakat luas juga akan mengenal lebih dekat dan memahami keberadaan Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua, program studinya, sarana infrastruktur, beasiswa yang ditawarkan, sampai pada cara pendaftarannya,” harapnya.

Salah satu Dewan juri lomba, Dr. H. Baiturahman, M.H, mengatakan lomba ini menghasilkan kreativitas vidio dan animasi yang bagus dan mencerahkan dari mahasiswa Fakultas Syariah. “Kreativitas mahasiswa dalam mendesain vidio dan animasi ini menumbuhkan rasa memiliki dan kepedulian mahasiswa untuk ikut serta mensukseskan SPMB di tengah pandemi covid 19,” papar Baitur yang juga menjabat Wakil Dekan I Fakultas IAIN Fattahul Muluk Papua ini. Ia berharap agar video yang dipublish dapat meningkatkan animo calon mahasiswa untuk mendaftar di Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua.

Dihubungi terpisah, Bambang yang mendapatkan Juara kedua sangat bersyukur dengan apa yang diraihnya. “Alhamdulillah semoga karya saya dapat dimanfaatkan untuk banyak orang meskipun saya sempat kesulitan dalam membuat konsep videonya,” ungkapnya.

Ia hanya memanfaatkan smartphone dengan aplikasi yang mudah.

Sedangkan Hafid mengaku bahwa konten lomba seperti ini baru pertama kali diikutinya.

“Sebelumnya saya pernah ikut mengikuti lomba Karya Tulis ilmiyah, kalau untuk pembuatan video ini saya pakai Wondershare Filmora 8.0, namun aplikasi tersebut masih ada kekurangannya yaitu dalam properti, mencocokkan backsound dengan konsep, mencocokan gerakan tangan dengan animasi gambar yang muncul,” jelas mahasiswa semester empat ini.

Tantangan lain yang dihadapi adalah pembuatan konsep, pengambilan gambar, dan editing. “Apalagi disaat ujian akhir semester, yang harus selesai sebelum deadline pengumpulan karya,” tambahnya. Fadli yang memperoleh Juara 3 berharap hasil karya video pertamanya dapat menghibur penonton dan menarik teman-teman yang baru lulus SMA untuk bergabung ke kampus IAIN Fattahul Muluk Papua.

“Semoga ke depan, lembaga ini terus mensupport mahasiswa untuk berkreasi lewat media sosial dan menyelenggarakan even-even yang menarik minat, bakat dan potensi mahasiswa dan memanfaatkan media sosial sebagai promosi kampus,” pungkasnya. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments