Berita

Kejar Beasiswa: You Have To Be Well Motivated And Have More Desire

(www.iainfmpapua.ac.id) – Untuk mendapatkan beasiswa, maka seseorang harus mengejarnya dengan keras dan dengan semangat yang tinggi. Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Prof. Dr. Yohana Yembise, MA menyatakan hal ini saat menjadi Pemateri Utama dalam Website Seminar (Webinar) Nasional yang digelar Program Studi Tadris Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, 20 Oktober 2020.

You have to be well motivated and have more desire, anda harus punya motivasi yang tinggi dan semangat yang kuat,” tegasnya. Ia mengakui bahwa pada awalnya tidak mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang baik. Namun dengan kemauan yang keras, ia mampu berjuang untuk mendapatkan kemampuan berbahasa Inggris yang layak. “Nah, dengan modal berbahasa Inggris yang bagus, maka anda akan lebih mudah mendapatkan berbagai beasiswa,” ujarnya. Yohana telah berpengalaman dalam berkecimpung membantu pemerintah daerah di Dinas Pendidikan Papua untuk mengurus para pelamar beasiswa. “Anak-anak dari Papua kami kirim ke Bali untuk belajar bahasa Inggris untuk mendapatkan hasil TOEFL dan IELTS yang bagus,” urainya. Ia menyebut bahwa kemampuan berbahasa Inggris menjadi syarat mutlak untuk mengejar beasiswa di seluruh dunia. “Ini yang saya alami kita mengejar beasiswa di Singapura, Kanada, dan Australia, dari S2 hingga S3 dan saya mendapatkan semua,” terangnya.

Guru Besar dalam bidang Syllabus and Material Development Universitas Cenderawasih ini menegaskan bahwa para mahasiswa harus punya prinsip yang kuat dalam mengejar beasiswa dengan kemampuan bahasa Inggris. “Because English proficiency is the main issue here, ada banyak beasiswa di dunia ini, tapi kemampuan bahasa Inggris pelamarnya kurang,” tuturnya. Ia meminta para generasi muda tidak mudah putus asa dengan berbagai hambatan dan tantangan. “Semua tergantung semangat dan kemauan keras individu itu sendiri, saya berharap semoga kalian ke depan bisa lebih baik dari saya, saya terbuka untuk membantu kalian,” tegasnya.

Kolase Tangkapan Layar Webinar Prodi Bahasa Inggris

Dalam sambutan pembukaan Webinar, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menyampaikan bahwa kemampuan bahasa Inggris yang terbatas telah menghambat akses anak didik untuk mendapatkan scholarship di berbagai instansi. “Untuk bisa mendapat info akurat tentang pendidikan di luar negeri, kan aksesnya dengan bahasa Inggris, nah inilah yang sering menjadi kendala,” ucapnya. Berbagai perkembangan kemajuan dunia dalam berbagai hal seperti science, ekonomi, politik, dan bidang lain akan lebih mudah diketahui dengan kemampuan bahasa internasional. “Bahasa adalah jendela dunia, agar kita dapat berjumpa dengan sejuta sahabat dan relasi di luar sana,” ungkapnya. Untuk itu, ia mengapresiasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah yang sudah menggelar webinar untuk memberi motivasi kepada para peserta dalam memperoleh beasiswa. “Generasi muda jangan hanya ikut sibuk dengan trending hiburan di medsos, tapi seringlah ikut webinar yang berkaitan dengan penguatan akademik seperti ini,” pintanya.

Pemateri lain dalam webinar ini, Baiq Tartillah, M.Food, Sc menyatakan bahwa mental yang kuat adalah hal yang sangat penting untuk disiapkan calon pelamar beasiswa. “Selain itu, anda harus memahami berbagai dokumen yang harus disediakan untuk menuju ke kampus tujuan anda,” terangnya. Ketua Panitia Webinar Erfin Wijayanti, M.Pd mengatakan, webinar nasional ini bertujuan memberikan informasi secara luas tentang beasiswa luar negeri dan mewadahi aspirasi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa. Selain itu, tambahnya, webinar ini juga diharapkan dapat memberikan motivasi pada generasi muda dalam mengejar cita-cita mendapat beasiswa. “Biaya pendidikan apalagi di luar negeri cukup tinggi, maka kita memunculkan tema ini untuk memberi informasi tentang beasiswa, memberikan pembekalan mental agar mahasiswa dapat mengasah kualitas dan kemampuannya serta menetapkan strategi dalam seleksi penerimaan beasiswa,” pungkasnya. Webinar nasional dengan tema ‘Scholarship For Your Future’ ini diikuti segenap sumber daya akademik di lingkup Prodi Tadris Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments