Berita

Pelantikan BPH Formadiksi: Jaga Nilai Agama dan Sosial

(iainfmpapua.ac.id) – Para mahasiswa pengurus organisasi harus tetap menjaga nilai agama dan nilai sosial dalam aktifitasnya. Wakil Rektor (Warek) I Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Talabudin Umkabu. M.Pd menekankan hal ini dalam sambutan ‘Pelantikan dan Raker BPH Formadiksi- KIP Kuliah Tahun 2022’ di Aula kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena Kota Jayapura, 21 Mei 2022.

Menurutnya, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan para pengurus baru. “Yakni tetap menjaga prestasi, menjaga karakter dengan bersikap, bertindak dan berbuat berdasar pada nilai-nilai agama dan sosial, serta mempertahankan semangat untuk bekerjasama dengan menjaga solidaritas dan kekompakan,” paparnya. Ia juga berharap Formadiksi dapat berperan aktif dengan berkontribusi mensosialisasikan kampus di lingkungan masyarakat. “Dengan berorganisasi juga kalian dapat beradaptasi baik antar teman dan lingkungan, dan juga melatih untuk berkomunikasi dan melatih kepekaan kalian terhadap fenomen disekitar,” pungkasnya.

Dalam moment yang sama, Wakil Rektor III Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd menyampaikan pentingnya koordinasi dalam berorganisasi.

“Untuk para pengurus baru, berkoordinasilah dengan pengurus sebelumnya terkait prosedur dan cara berorganisasi yang baik,” ujarnya. Menurutnya, berkoordinasi dengan kepengurusan sebelumnya akan menjadi referensi dan pedoman sehingga dapat menghasilkan organisasi yang lebih baik. Warek III juga berpesan kepada para pengurus yang baru dilantik agar tidak melupakan tugas dan tanggung jawabnya. “Setelah dilantik dan disumpah itu menunjukkan bahwa kalian bersepakat untuk siap menjalankan roda organisasi, karenanya diperlukan pikiran dan wawasan yang luas dalam menyusun program-program di raker nantinya,” imbuhnya. Warek III mengingatkan tauladan Rasulullah dalam berorganisasi kepada mahasiswa. “Dalam menjalankan organisasi pasti akan ada polemik, apaun permasalahan yang dihadapi nantinya ikutilah sifat tauldan Rasulullah agar dapat menemukan solusi yang baik,” jelasnya.

Ketua Umum terpilih Badan Pengurus Harian (BPH) Forum Mahasiswa Bidikmisi-Kartu Indonesia Pintar (Formadiksi-KIP) Kuliah periode 2022-2023, Sulha, berharap dalam kepengurusannya dapat mengemban dan menjalankan amanah dengan baik. “Sesuai dengan tema kegiatan ini semoga para pengurus mampu untuk mengaktifkan kegiatan-kegiatan yang dapat bermanfaat baik bagi organisasi, kampus, maupun masyarakat,” ujar mahasiswi semester 6 ini. Mahasiswi Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah ini juga berpesan kepada para pengurus agar program kerja yang disusun dalam raker nantinya dapat menumbuhkan kerjasama. “Agar dapat tercipta organisasi yang aktif dan progresif,” pungkasnya.

Warek I melantik Nur Safitra, mahasiswi Program Studi Hukum Tata Negara sebagai sekretaris dan Nur Syifaussafi’ah mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam sebagai bendahara.

Kegiatan dengan tema ‘Menciptakan Semangat Baru Menuju Organisasi Aktif dan Progresif’ ini dihadiri oleh para pejabat dan seluruh mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi-KIP kuliah di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments