Berita

PGMI Gelar Workshop Media Pembelajaran ICT

(iainfmpapua.ac.di) – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Workshop Media Pembelajaran Berbasis ICT, di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 23 November 2021.

Dekan Dr. Zulihi, Warek I Dr. H. Talabudin Umkabu, dan Kabag Fakultas Tarbiyah M. Ridwan, M.M

Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd menegaskan, para guru dan mahasiswa harus mengikuti pelatihan ataupun workshop seputar pendidikan dan teknologi secara berkelanjutan.

“Ini penting agar kelak nanti saat terjun di masyarakat sudah tidak lagi canggung dengan berbagai perkembangan teknologi di bidang pendidikan,” ucapnya mewakili Rektor. Di sisi lain, lanjutnya, IAIN Fattahul Muluk Papua tengah berupaya untuk dapat mewujudkan Program Pendidikan Profesi Guru. “Sehingga alumni Fakultas Tarbiyah akan sekaligus mendapat sertifikasi mengajar atau guru saat nanti sudah lulus atau wisuda,” urainya.

Fajar Dwi Mukti, M.Pd

Pihaknya menyampaikan rasa hormat kepada para alumni IAIN Fattahul Muluk Papua yang telah berkecimpung di dunia pendidikan di seluruh pelosok Papua. “Hari ini saya lihat beberapa guru alumni kita sudah berkarya di berbagai lembaga, dan menerapkan ilmunya, juga menunjukkan bahwa alumni kita mampu berkiprah di masyarakat membawa nama IAIN Fattahul Muluk Papua,” terangnya.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag menekankan bahwa segenap elemen pendidikan harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi. “Kita sebagai pelaksana pendidikan, dari guru jenjang dasar sampai pendidikan tinggi harus memahami aplikasi-aplikasi baru untuk pembelajaran,” tukasnya.

Untuk itu, Dekan berkeinginan agar semua pihak di kampus dapat menjalin kerjasama penuh dengan para stakeholder pendidikan di lingkup Jayapura dan sekitarnya.

Performance Art Pembacaan Puisi Mahasiswa PGMI

Ketua panitia workshop Fajar Dwi Mukti, M.Pd menyebut bahwa kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru, alumni, dan mahasiswa dalam menghadapi era disruption di bidang teknologi pendidikan. “Kami juga berupaya memberi wawasan tentang teknologi yang tren di era 4.0,” jelasnya.

Fajar menambahkan, para peserta yang mengikuti workshop ini akan mendapat paket aplikasi e-learning. “Kami akan ajarkan kepada Bapak Ibu agar dapat menggunakan aplikasi e-learning ini di lembaga masing-masing,” paparnya.

Pembukaan workshop diisi dengan berbagai performance art dari mahasiswa PGMI, diantaranya Syair Arab tentang perjuangan kemuliaan seorang guru, tari kolaborasi dari mahasiswa semester 3, pembacaan puisi, dan persembahan lagu. Kegiatan yang diikuti para guru dan mahasiswa ini turut dihadiri para pejabat di lingkup Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Her/Ran)

Sharing Is Caring
2 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments