Berita

PKL Dapat Mengasah Ketajaman dan Keterampilan Mahasiswa

Warek II Dr H Musa Rumbaru, MH memberi sambutan

(www.iainfmpapua.ac.id) – Praktik Kerja Lapangan (PKL) dapat mengasah ketajaman dan keterampilan mahasiswa. Wakil Rektor II Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. H. Musa Rumbaru, SH, MH menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya di acara Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Tahun Akademik 2020/2021 di Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura 11 September 2020.

“Dengan praktik, kita akan tahu bayangan dan gambaran seperti apa nanti di dunia kerja,” paparnya. Menurutnya PKL akan mendidik mahasiswa agar tidak bingung dan gagap saat lulus dan bekerja di berbagai bidang sesuai ilmu yang telah didapatkan selama kuliah.

“Ikutilah semua aturan dan jadwal yang sudah ditetapkan kampus, karena itu sudah disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa untuk praktik di dunia kerja atau di lapangan,” pesannya.

Ia berharap agar mahasiswa selalu membawa tanggungjawab yang melekat dalam diri saat praktik di lapangan dan menjaga nama baik kampus IAIN Fattahul Muluk Papua.

“Buatlah bangga Fakultas Syariah, jaga nama baik lembaga kita dan Jangan lupa selalu niatkan segala kegiatan dan pekerjaan yang kita lakukan dengan niat hanya karena Allah SWT,” tutupnya.

Dekan Fakultas Syariah Dr Eko Siswanto, MH

Di kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Syariah Dr. Eko Siswanto, S.H, M.H meminta mahasiswa PKL untuk melihat dan meneladani kakak senior mereka. ”Banyak alumni Fakultas Syariah lulus dengan nilai cumlaude dan mereka akan ikut calon pembibitan calon Dosen Fakultas Syariah di beberapa kampus di Pulau Jawa,” ujarnya. Eko juga mengatakan lulusan Fakultas Syariah sudah banyak yang terserap di dunia kerja, baik di pemerintahan maupun di bidang lainnya.

“Dengan fakta-fakta itu, saya berharap adik-adik mahasiswa mempunyai militansi yang kuat untuk menjadi sukses melalui PKL dan dapat melakukan perkuliahan di  Fakultas Syariah dengan benar dan sebaik-baiknya,” harapnya.

Sebagai Ketua Panitia, Muhamad Zainal Abidin, M.E mengatakan tujuan dari pelaksanaan PKL adalah untuk mengasah keterampilan, kerja praktik, maupun simulasi yang dirangkum dalam sistem pemagangan yang dilaksanakan mahasiswa. ”Ini dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalitas pelaksanaan dari konsep-konsep yang dipelajari selama proses perkuliahan serta pemahaman terhadap aplikasi prinsip-prinsip hukum Islam,” pungkasnya.

Acara Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua Tahun Akademik 2020/2021 diikuti 26 mahasiswa peserta PKL. Kegiatan pembukaan PKL ini dihadiri oleh pejabat dan dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua dengan menerapkan protokol kesehatan. (Her/Min/Zul/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments