Berita

Polresta Sampaikan Pesan Tertib Sosial di Kampus IAIN FM Papua

(www.iainfmpapua.ac.id) – Kepolisian Resort (Polres) Jayapura Kota menyampaikan pentingnya perilaku tertib sosial kepada para mahasiswa melalui acara Focus Group Discussion (FGD) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 19 Februari 2021.

AKP Piter Kendek

Kasat Binmas Polresta Jayapura Kota, AKP. Piter Kendek menuturkan, pihaknya memberikan materi ‘Perilaku Tertib Sosial Di Ruang Publik’ untuk mengedukasi para mahasiswa tentang pentingnya berkomunikasi di media sosial. “Kami menghimbaukan agar berhati-hati dalam menggunakan media sosial, khususnya saat berkomunikasi secara online, dalam hal membagikan dan mengunggah hal-hal yang mengandung unsur penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, provokasi, hasut, dan menyebarkan berita hoax atau berita bohong, karena hal tersebut dapat melanggar Undang-Undang ITE dan dapat dikenai sanksi,” terangnya.

Ia berharap mahasiswa dapat bijak bermedia sosial. “Mahasiswa hendaknya agar teliti dalam menyebarkan informasi khususnya mengenai agama, ras, dan suku di media sosial dan hanya menyampaikan fakta,” tegasnya.

Sejalan dengan perilaku tertib sosial ini, Piter menambahkan bahwa pihaknya memiliki sembilan landasan nilai-nilai Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM). “Di antaranya empati, kepercayaan, jiwa sukarelawan, nilai persatuan dan kebersamaan, kepedulian sosial, rasa memiliki, jiwa kemanusiaan, menolak kekerasan, dan menghargai keberagaman,” jelasnya. Menurutnya landasan tersebut ibarat siklus. “Jika ada satu rantai yang putus maka yang lain tidak akan bisa berjalan, sebagai contoh polisi dan masyarakat harus sama-sama memiliki konsep kesatuan, harus sama-sama memiliki rasa tanggung jawab, misalnya terhadap bencana yang terjadi di suatu daerah, maka polisi dan masyarakat saling gotong royong,” imbuhnya.

Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si

Pada moment yang sama, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si berharap agar dalam kesempatan tersebut mahasiswa turut andil menjalankan tertib sosial di ruang publik sehingga bisa menjaga lisan dan tulisannya. “Sebagai mahasiswa terpelajar, anda harus dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat lewat media sosial,” paparnya.

Rektor meminta mahasiswa tidak larut dalam berbagai konflik kepentingan di media. “Fokuslah pada kegiatan perkuliahan dan kegiatan positif lainnya,” pungkasnya.

Pembukaan FGD dihadiri oleh perwakilan pejabat di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua. Kegiatan ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments