Berita

Asesmen Lapangan PGMI: Upaya Hadirkan Pendidikan Standar Nasional

Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua terus berupaya untuk menghadirkan pendidikan yang berkualitas dan berstandar nasional. Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd menyampaikan hal ini dalam sambutan pada pembukaan kegiatan ‘Assesmen Lapangan Akreditasi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua’ di Gedung Aula Fakultas Tarbiyah, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 12 Januari 2023. 

“Salah satunya dengan kegiatan akreditasi Program Studi seperti ini,” tegasnya. Menurutya, kelayakan suatu instansi dalam penyelenggaraan pendidikan dapat dilihat melalui akreditasinya, “Akreditasi merupakan salah satu indikator yang mengukur kualitas suatu program studi maupun perguruan tinggi,”ucapnya. Ia menambahkan, akreditasi suatu program studi juga menjadi nilai jual suatu perguruan tinggi. “Era 4.0 membawa dampak pada adanya persaingan antar peguruan tinggi, dan akreditasi merupakan nilai jual utama yang dapat menarik minat calon mahasiswa baru,” ungkapnya. Oleh karenanya, lanjutnya, diharapakan Program Studi PGMI IAIN Fattahul Muluk Papua dapat menerima masukan serta arahan yang membangun untuk perbaikan di masa depan.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag menyampaikan bahwa pelaksanaan Assesmen Lapangan secara daring ini tidak menyurutkan semangat sumber daya di Prodi PGMI untuk menampilkan yang terbaik. Pihaknya menambahkan, Fakultas Tarbiyah mengusung misi menghasilkan tenaga pendidik yang berkompeten. “Misi besar menghasilkan tenaga pendidik Islam yang religius, profesional dan kompeten dan hal ini salah satunya dibuktikan dengan adanya proses akreditasi ini untuk menguji kelayakan penyelenggaran pendidikan yang ada di Fakultas Tarbiyah,” pungkasnya. Dekan menjelaskan, pihaknya selalu berupaya meningkatkan kualitas SDM dan fasilitas yang ada di Fakultas Tarbiyah dalam pelaksanaan proses perkuliahan.

Sementara itu salah satu assesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) Dr. Moh. Arif, M.Pd mengatakan bahwa proses akreditasi ini bukanlah proses untuk menghakimi suatu program studi. “Kegiatan ini bukan sebuah bentuk penghakiman melainkan sebagai indikator peningkatan kualitas suatu perguruan tinggi,” ucapnya. Menurutnya adanya kegiatan akreditasi merupakan kesempatan suatu program studi untuk membuktikan bahwa setiap proses yang ada sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. “Kami hadir untuk memastikan prodi dan Perguruan Tinggi telah menjalankan playanan yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi,” jelasnya. Namun, pihaknya meyakini bahwa selama ini IAIN Fattahul Muluk Papua telah menjalankan semua prosedur dengan baik dan benar. “Namun kami tetap perlu melakukan proses verifikasi,” tutupnya. Kegiatan ini juga menghadirkan asesor BAN-PT Dr. Suwardi, M.Pd.

Pembukaan asesmen lapangan dihadiri wakil rektor, kepala biro, unsur pejabat, dosen dan mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments