Berita

Dekan Minta Mahasiswa Semester Akhir Manfaatkan Mendeley

(iainfmpapua.ac.id) –  Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag menyarankan para mahasiswa semester akhir memanfaatkan Mendeley dalam upaya mendapatkan referensi untuk menyusun skripsi. “Silahkan mulai mengkoordinasi dan mengkonsultasikan judul skripsi yang mau di tulis, agar anda dapat mengatur waktu secara maksimal, upayakan jangan sampai anda terlambat lulus,” terangnya saat memberi sambutan pada workshop ‘Penggunaan Referensi Menggunakan Mendeley’ yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua di aula Fakultas Tarbiyah, Jalan Merah Putih Buper, Waena, Kota Jayapura, 12 Januari 2022.

Menurutnya, tugas akhir skripsi merupakan langkah awal mahasiswa dalam mengenal bentuk penulisan. “Karenanya workshop kali ini sangat penting untuk diikuti karena banyak hal yang bisa didapat, dimana mendeley ini merupakan aplikasi yang menyajikan tulisan dan referensi para peneliti baik dari dalam dan luar negeri,” paparnya. Selain itu, pembelajaran mahasiswa tidak cukup dari perkuliahan saja. “Presentasi ilmu yang diperoleh dari dosen sebesar 20% sedangkan 80% dari mahasiswa sendiri, karenanya mahasiswa dituntut untuk aktif mengikuti seminar dan workshop untuk mengembangkan keilmuannya,” ujarnya. Harapannya mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat khususnya keilmuan PAI. “Agar dapat berguna apabila masyarakat membutuhkan dan menggunakan skill anda kelak,” pungkasnya.

Ketua Program Studi PAI, Ubaidillah, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam menyusun penulisan skripsi atau tugas akhir. “Mendeley harus dijadikan sebagai nutrisi akademik bagi mahasiswa milenial, contohnya pada saat mensitasi karya tulis ilmiah,” terangnya. Menurutnya, aplikasi ini saat bermanfaat bagi mahasiswa. “Karena secara otomatis mahasiswa dapat mempunyai perpustakaan pribadi, dimana isinya sesuai dengan kebutuhan mahasiswa tersebut,” pungkasnya.

Dalam materinya, Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk, Rahmawansyah M.Pd memaparkan bahwa aplikasi Mendeley adalah aplikasi manajemen referensi berbasis open source yang memuat dan mengelola referensi, sitasi, dan perpustakaan pribadi untuk menunjang penulisan karya ilmiah. “Penggunaan mendeley ini sangat fleksibel, anda hanya perlu mendownload aplikasi tersebut kemudian melakukan registrasi akun, setelahnya aplikasi tersebut siap dioperasikan sebagai pencari referensi, library digital, serta membuat sitiran dan daftar pustaka secara otomatis,” pungkasnya.

Ketua HMPS PAI, Muh. Sahrul berharap kegiatan ini dapat membantu dan mempermudah mahasiswa dalam pencarian referensi pada karya tulis ilmiah yang dibuat. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa/i PAI dari berbagai semester. Pembukaan kegiatan ini dihadiri pejabat dan dosen di Fakultas Tarbiyah. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments