Berita

Evaluasi SPMB Dorong Penguatan Peran Prodi

(iainfmpapua.ac.id) – Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Workshop Evaluasi SPMB Tahun Akademik 2021 di salah satu hotel di Jayapura, 6 November 2021. Dalam kegiatan itu, muncul gagasan untuk mendorong penguatan peran setiap Program Studi (Prodi) di Fakultas. 

Prof Dr H Idrus Alhamid, MSi

“Untuk SPMB mendatang, sudah seharusnya peran Prodi kita perkuat dan porsinya kita perbesar dalam upaya menyukseskan penerimaan mahasiswa baru,” ucap Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si saat memberikan sambutan.

Menurutnya, porsi anggaran untuk kegiatan akademik telah terbagi sebanyak 80 persen kepada fakultas. “Maksimalkan dalam kegiatan SPMB untuk menambah daya saing masing-masing Prodi,” tuturnya.

Rektor menambahkan bahwa kompetisi di dunia pendidikan semakin tinggi. “Ada banyak lembaga pendidikan baru, untuk itu kita harus terus berbenah lebih baik dari masa ke masa,” paparnya. Dalam konteks ‘Merdeka Belajar’, setiap dosen diminta untuk kreatif membuat roadshow pengenalan eksistensi kampus kepada masyarakat.

Abu Ode Sita, SAg, MSi

Dalam laporannya, Ketua Panitia workshop Abu Ode Sita, S.Ag, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menemukan upaya terbaik dalam menyaring dan menemukan bibit unggul mahasiswa. “Dalam jangka panjang, evaluasi SPMB ini diharapkan dapat mendorong kita untuk mendapatkan cara terbaik dalam mendapatkan mahasiswa dan akhirnya mencetak mahasiswa menjadi lulusan yang berkualitas di IAIN Fattahul Muluk Papua,” terangnya.

Diskusi dalam workshop tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat mencari solusi atas berbagai kontroversi dalam penerimaan mahasiswa baru. “Kami yakin, dengan komunikasi yang baik akan menghasilkan keputusan yang bijaksana untuk semua pihak dalam seleksi penerimaan mahasiswa di tahun mendatang,” pungkasnya.

Workshop yang digelar sehari ini diisi dengan tanya jawab bersama tim dari Fakultas Syariah (Hukum), Fakultas Tarbiyah, Fakultas Bisnis dan Ekonomi Islam (FEBI), dan Program Pascasarjana. Kegiatan ini diikuti para Wakil Rektor, Kepala Biro, dosen, tenaga kependidikan IAIN Fattahul Muluk Papua, dan undangan lainnya. (Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments