Berita

Fakultas Tarbiyah Gelar Penyusunan Draft Buku Pedoman Mutu Akademik

(www.iainfmpapua.ac.id) – Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan ‘Penyusunan Draft Buku Pedoman Mutu Akademik’ di Aula Fakultas, 24 November 2020. Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd mengatakan bahwa buku pedoman mutu akademik harus selalu diperbaharui sejalan dengan perkembangan dunia pendidikan tinggi.

“Untuk itu, kami memohon masukan dari semua pihak di kampus ini agar kami dapat menjadikan buku pedoman yang sempurna dalam menjaga keberlangsungan pelayanan akademik di Fakultas Tarbiyah,” ujarnya. Pada kesempatan yang sama Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan bahwa manual book atau buku pedoman berisi dua jenis. “Ada buku pedoman akademik dan non akademik,” jelasnya. Untuk itu, ia meminta para pihak yang mengikuti kegiatan ini dapat mengkaji berbagai peraturan dalam membuat manual book. Rektor juga menyampaikan agar Fakultas tidak mempersulit diri sendiri dalam membuat manual book. “Jangan membebani diri dengan terlalu banyak persyaratan yang berlebihan dalam berbagai pengurusan di layanan akademik,” pesannya.

Rektor Dr H Idrus Alhamid, MSi

Di sisi lain, Rektor mengharapkan agar pihak Fakultas mempersiapkan diri untuk menerima kedatangan para guru besar dalam rangka penguatan lembaga. “Banyak Rektor dari luar Papua menyatakan persetujuannya untuk mengirimkan profesor yang akan ikut memberikan pengalamannya di sini selama enam bulan, tapi kita juga harus mempersiapkan diri untuk menerimanya,” urainya. Dalam hal ini, pihak Fakultas diwajibkan menetapkan pedoman akademik yang baku untuk menjadi panduan bagi para dosen baik dari dalam lingkungan kampus maupun dari luar kampus. “Saya ingin agar Fakultas menyampaikan kebutuhan riil dosen per-program studi, sesuai perkembangan jumlah mahasiswa dan aturan yang berlaku secara homebase, kalau ternyata masih kurang, maka kita bisa atur penyediannya,” pungkasnya.

Ketua Panitia Nining Puji Lestari, M.Pd mengatakan, kegiatan yang berlangsung dua hari ini diikuti 22 peserta dari ketua unit, ketua dan sekretaris program studi, serta dosen Fakultas Tarbiyah. Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protkes. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments