Berita

LP2M Gelar Seminar Dan Review Hasil Penelitian Dosen

(www.iainfmpapua.ac.id) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar ‘Seminar dan Review Hasil Penelitian Dosen Tahun Anggaran 2020’ di Aula Fakultas Tarbiyah, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 23 November 2020. Ketua LP2M Dr. Suparto Iribaram, MA mengatakan, kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan peneliti untuk saling memberi masukan tentang hasil laporan penelitiannya.

“Dengan saling memberi masukan, maka kita harapkan dapat mengangkat marwah dan kualitas riset atau penelitian di kampus kita,” ujarnya.

Dalam jangka panjang, lanjutnya, hasil riset diharapkan berguna bagi institusi sendiri maupun untuk lembaga-lembaga lain di daerah.

“Ada delapan laporan riset yang akan direview, dan masukan dari Reviewer nanti semoga akan membantu bapak ibu dosen untuk meningkatkan kualitas tulisan penelitian yang dibuat,” terangnya.

Iribaram menginginkan agar riset para dosen dapat mengisi penerbitan jurnal lokal, nasional, maupun internasional. “Karena itu salah satu syarat untuk mendapat dana riset di tahun berikutnya,” urainya.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan bahwa tugas dosen di lingkungan kampus sangat beragam. “Mulai penelitian, mengajar, melakukan pembinaan akademik dan non akademik terhadap mahasiswa, termasuk pembimbingan skripsi,” jelasnya.

Dalam konteks itu, ia meminta para dosen melakukan penelitian secara aktif dan berkelanjutan.

“Misalnya, pada beberapa Perguruan Tinggi yang sudah berbentuk BLU, dosen dapat membimbing mahasiswa jika tulisan atau penelitiannya sudah pernah masuk ke Jurnal Sinta,” paparnya.

Maka, Rektor mendorong agar para dosen lebih giat melakukan riset yang dapat dipublikasikan di jurnal terkemuka. “Jadi, perlu adanya pelatihan AA dan atau Pekerti untuk meningkatkan kualifikasi dosen agar memahami berbagai metodologi pembelajaran, dan sejenisnya,” tambahnya. Pembukaan kegiatan ‘Seminar dan Review Hasil Penelitian Dosen’ Tahun Anggaran 2020 ini dihadiri Kepala Biro AUAK IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Moh. Junaidin, MA dan Dr. Ade Yamin, MA sebagai Reviewer. Kegiatan yang diikuti para dosen dari berbagai Program Studi ini dilaksanakan selama dua hari dengan menerapkan protokol kesehatan. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments