Berita

Gaungkan Al-Qur’an, Fakultas Tarbiyah Rutinkan Mengaji Bersama

(www.iainpapua.ac.id) – Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menyelenggarkan kegiatan tadarus bersama di Masjid Kampus Alhamid IAIN Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 4 Maret 2020.

Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag. M.Pd mengatakan, kegiatan mengaji bersama ini merupakan tindak lanjut dari arahan Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si.

Dekan Fakultas Tarbiyah Dr H Marwan Sileuw, MPd

“Rektor sudah menyampaikan dan menghendaki agar di kampus kita ini senantiasa diramaikan dan digaungkan dengan kegiatan pembacaan Al-Qur’an,” ujarnya kepada Tim Humas IAIN Fattahul Muluk Papua. Marwan memaparkan, kegiatan ini diharapkan menumbuhkan kecintaan mahasiswa kepada Al-Quran. “Dengan rutin membaca Al-qur’an mahasiswa akan diisi kerohaniannya sebelum belajar di kampus, agar mereka terbiasa untuk mencintai mushaf,” paparnya.

Ia memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat sebelum memulai perkuliahan. “Semoga dengan membaca Al-Qur’an, mahasiswa juga akan diberikan kecerdasan, menguatkan keimanan, dapat membentuk akhlak yang mulia serta tidak akan tergoda dengan hal-hal yang negatif tentunya,” urainya. Marwan berharap kegiatan menggaungkan Al-Qur’an ini tidak hanya dilakukan oleh Fakultas Tarbiyah, tetapi juga diikuti oleh seluruh Sivitas IAIN Fattahul Muluk Papua.

Mahasiswa Tadarus sebelum perkuliahan

Ditemui terpisah, salah satu Dosen Fakultas Tarbiyah Dian Pratiwi, M.Pd mengatakan, kegiatan ini akan membiasakan mahasiswa untuk rajin membaca Al-Quran. Hal senada juga dikatakan oleh Ana Ria Rumodar. Mahasiswa Semester 2 Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah mengatakan bahwa kegiatan ini menambah ilmunya dalam mengaji. “Ini membiasakan diri untuk lebih rajin dalam mengaji,” tuturnya. Sementara itu, Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Asnan Siompu mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti kecintaan mahasiswa terhadap Al-Qur’an. “Saya berharap ke depan di Fakultas Tarbiyah ada lomba tilawah di masing-masing Prodi Fakultas,” ucapnya. Tadarus bersama yang dilakukan setiap hari Rabu sebelum jam perkuliahan ini dihadiri oleh Dosen dan seluruh Staf di Fakultas Tarbiyah. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments