Berita

Hari Lahir Pancasila: Sivitas Akademik Harus Sukseskan Program Pemerintah

(iainfmpapua.ac.id) – Seluruh sivitas akademik diharapkan dapat mensukseskan program-program pemerintah. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini dalam ‘Dialog Kebangsaan’ dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021, di Rektorat Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura.

Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, M.Si

“Dalam moment kali ini, untuk kita di Papua khususnya, ada hajat besar Pekan Olahraga Nasional atau PON yang dipercayakan pemerintah kepada Provinsi Papua sebagai penyelenggara,” ujarnya. Maka, lanjutnya, sebagai bagian dari intregitas bangsa, seluruh sivitas akademik berkewajiban turut serta mensukseskan kegiatan pemerintah tersebut.

“Kita adalah bangsa yang humanis, bangsa yang memiliki peradaban budaya yang majemuk, tunjukkan kondisi persaudaraan dalam berbangsa dan bernegara dalam moment peringatan Hari Lahir Pancasila ini,” imbuhnya.

Selain itu, Rektor meminta seluruh kalangan agar meningkatkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia dan menerapkan nilai-nilai Pancasila salam aktifitas sehari=hari di tengah masyarakat. “Negara ini bagaikan kapal besar, maka dari itu mari bersama sama menjaga kapal ini agar tetap aman dan nyaman,” imbuhnya.

Khusus di kalangan kampus, Rektor berpesan kepada seluruh unit dan fakultas di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua untuk memprioritaskan berbagai kegiatan yang mengatasnamakan kebangsaan. “Khususnya untuk ikut partisipasi dalam kegiatan yang memiliki nilai nasionalisme dan patriotisme, karena cinta tanah air merupakan sebagian dari Iman,” jelasnya.

Sebagai pemateri dalam dialog kebangsaan, Rektor juga menyampaikan perspektifnya terkait history dan nilai-nilai Pancasila. “Lahirnya Pancasila dalam dinamika history, Pancasila adalah ideologi berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia dan hasil dari kesepakatan para leluhur pendiri bangsa, sehingga wajib bagi anak bangsa untuk menjaga dan merawat nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi tersebut,” ujar Rektor.

Dr. H. Musa Rumbaru, SH, MH

Senada dengan hal itu, Wakil Rektor II IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Musa Rumbaru, SH, MH menyampaikan bahwa nilai- nilai Pancasila harus diimplementasikan dan diterapkan dalam kehidupan di kampus. “Sebagaimana sila pertama yang menyatakan kepercayaan dan ketakwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa maka sudah sepatutnya kita menyertakan Tuhan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” paparnya sebagai pemateri dua. Dialog yang diikuti oleh dosen dan staff di lingkungan IAIN Papua ini diisi dengan sesi diskusi bersama dengan penerapan protokol kesehatan.  (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments