Berita

KKN KNMB Papua: Ada Sosialisasi Kampus, LDK, HUT RI, dan Partisipasi Budaya

iainfmpapua.ac.id)  – Tidak hanya giatkan semangat moderasi, mahasiswa peserta kuliah kerja nyata kolaborasi nusantara moderasi beragama (KKN KNMB) Papua 2022 juga memperkenalkan dunia kampus dan PTKN kepada siswa-siswi MAN Jayapura melalui salah program kerja Kampus Expo PTKN. “Tim KKN KNMB Kampung Nimbokrang mendorong siswa kelas XII memiliki motivasi dan semangat untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” ujar Rizki Amalia, mahasiswi dari Program Studi Manajemen Dakwah dari UIN Antasari Banjarmasin, 9 Agustus 2022.

Ia menyebut, terdapat 6 kampus yang diperkenalkan dalam kegiatan ini yakni UIN Antasari Banjarmasin, UIN Ar Raniry Aceh, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Saizu Purwokerto, IAIN Cirebon dan tuan rumah Penyelanggara KKN KNMB 2022 IAIN Fattahul Muluk Papua. Wakil Kesiswaan MAN Jayapura Novi menyampaikan antusiasme yang luar biasa dari siswa-siswi dan guru yang hadir. “Ini merupakan moment yang bagus untuk anak-anak kelas XII khususnya, agar kalian mempersiapkan ke mana arah kalian ingin melanjutkan setelah pendidikan madrasah,” ujarnya.

Sementara itu, Kelompok KKN KNMB Skouw Sae Papua 2022 Mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk meningkatkan optimalisasi pembangunan manusia di Aula Distrik Muaratami, Kota Jayapura, 6 Agustus 2022. Ketua KKN KNMB Papua 2022 Kelompok Skouw Sae, Muhammad Husaifah, mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai momentum menuju peringatan 17 Agustus. “Upaya ini juga untuk mengoptimalkan kapasitas pemuda di Distrik Muaratami, khususnya di Kampung Skouw Sae, sesuai tema 17 Agustus Membentuk Generasi Muda dalam Moderasi Beragama Guna Mewujudkan Generasi Emas 2045,” tuturnya. Kepala Distrik Muaratami Bob H. Fonataba, S.Sos menyambut baik kegiatan tersebut. “Saya mengharapkan tidak berhenti dalam pemberian materi, tetapi dipraktekkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara oleh peserta,” ucapnya. Yanwar Pratama dari UIN Walisongo Semarang membawakan materi Wawasan Kebangsaan. “Saya senang belajar bersama dengan pemuda di sini, aktif dan kritis, suatu idealisme yang harus dirawat pemuda zaman sekarang, semoga kegiatan ini meningkatkan motivasi diri dan kapasitas intelektual,” imbuhnya.

Dari kampung Benyom Jaya I, Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura, para mahasiswa KKN KNMB Papua 2022 turut berpartisipasi dalam kepanitiaan dan memeriahkan HUT RI yang ke 77. Whan Nurdiana, mahasiswa dari IAIN Ponorogo mengungkapkan, ada berbagai macam perlombaan menjadi bagian dari serangkaian acara, seperti lomba futsal, badminton, volly, karaoke, tarik tambang, joget balon, balap karung, senam, panjat pinang, dan membuat nasi tumpeng antar RT. Kepala Kampung Benyom Jaya 1, Joko Irianto berharap generasi muda sebagai tonggak estafet penerus bangsa mampu memperkuat jiwa nasionalis dan pancasilais lewat perayaan HUT RI yang ke 77. “Saya sangat mengapresiasi semangat adik-adik mahasiswa KKN yang telah membuat acara luar biasa di kampung ini,” paparnya.

Di tempat lain, Mahasiswa KKN KNMB Papua 2022 Ikut berpartisipasi dalam aktifitas budaya pernikahan Adat Bugis di Tanah Papua. Akhmad Kafa Masykuro Hablillah, mahasiswa delegasi Dari UIN Saizu Purwokerto diberikan kessempatan untuk membacakan barzanji dalam upacara pernikahan adat bugis tersebut. “Hal ini merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga, kami dapat bercengkrama secara langsung dengan warga Bugis di tanah Papua dan berkontribusi secara langsung dalam kegiatan keseharian mereka, mapaci ini salah satunya,” ungkapnya. Menurutnya, adanya komunitas Bugis di Tanah Papua ini menggambarkan betapa pluralnya warga yang tinggal di Papua mulai dari segi agama maupun budaya. “Mereka dapat hidup berdampingan penuh toleransi bersama warga asli Papua,” pungkasnya. Selaku tuan rumah, LPPM IAIN Fattahul Muluk Papua menyebutkan bahwa KKN KNMB diikuti berbagai perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama dari seluruh wilayah di Indonesia. Mereka ditempatkan di Papua dan Papua Barat selama 40 hari. (*)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments