Berita

Kurangi Rasa Cemas, KKN Gamta Gelar Kajian Online Hikmah Covid-19

(www.iainfmpapua.ac.id) Untuk mengurangi rasa cemas masyarakat karena wabah, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Gamta Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kajian online dengan tema ‘Hikmah Covid-19’ melalui video conference, 18 Juli 2020. Kajian ini guna memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat bahwa pandemi ini tidak hanya mendatangkan hal negatif, namun juga ada banyak sisi positif yang bisa kita petik,” tutur Rahmat Furqan, Ketua Kelompok KKN Gamta kepada Tim Humas IAIN Fattahul Muluk Papua.
Dalam kajian tersebut, KKN Gamta menghadirkan penceramah Ustad Muhammad Abdillah Arfah yang merupakan jebolan dari Program Top 12 Aksi Indosiar.
“Ada alasan Allah memberikan ujian kepada umatnya, yang pertama untuk mengangkat derajat bagi umatnya yang senantiasa bersabar diberi ujian,” papar Ustad Arfah. Kemudian, lanjutnya, Allah menegur umatnya karena kurang beribadah, kurang sedekah dan seorang hamba yang jauh dari Tuhannya.

kolase tangkapan layar pengajian online KKN Gamta


Ia juga mengingatkan peserta kajian untuk selalu husnudzan (berprasangka baik) dan mengembalikan semua yang terjadi kepada Allah SWT. “Mari istiqamah dalam pendirian, mohon diberi ampunan kepada Allah, mohon pertolongan dengan banyak bersabar, mendirikan sholat, banyak bersholawat, dan selalu berdoa yang diawali dengan usaha,” jelasnya. Ia juga berpesan kepada para Mahasiswa KKN dan peserta untuk tidak menunda-nunda menyelesaikan masalah. “Masalah hidup pasti ada, bahkan hidup adalah suatu masalah, yang perlu dilakukan adalah menyelesaikan masalah bukan menunda masalah, karena menunda akan menimbun masalah jadi solusi menyelesaikan masalah adalah ‘kerjakan’,”tutupnya.
Acara Kajian hikmah covid KKN Gamta diikuti oleh mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua dan peserta dari luar Papua.
“Selain kegiatan kajian Islam, kami juga melakukan kegiatan lainnya di masyarakat, urai Rahmat Furqan.
Pihaknya melakukan berbagai kegiatan dengan aspek sosial, ekonomi, kesehatan, serta pendidikan dan keagamaan di Kampung Tiba-Tiba, Kelurahan Yobe Distrik Abepura, Kota Jayapura. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Ia berharap kajian online KKN Gamta dan kegiatan lainnya yang sudah dilakukan, dapat mengurangi kecemasan dan kepanikan yang ada di masyarakat akibat wabah Covid.
Semoga kita bisa mengambil hikmah atau sisi positif dari musibah ini, pungkas mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah ini. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments