Berita

Menag RI Buka PESONA: Perwakilan IAIN Papua Ikuti Kirab Nusantara dan Baca Janji Atlit

(iainfmpapua.ac.id)  – Kontingen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengikuti kirab nusantara dalam moment pembukaan Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022, di UIN Bandung, 9 Agustus 2022. PESONA I PTKN 2022 dibuka Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Suntana, Dirjen Pendidikan Islam Prof Ali Ramdani, jajaran pejabat Kemenag, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si dan Rektor PTKN se-Indonesia. Dalam kirab tersebut, kontingen IAIN Fattahul Muluk Papua menampilkan Satriawan Wailusu (cabang Karate) dan Nur Safitra (cabang Karate) yang menggunakan kostum adat Papua, bersama Bambang Rumadhan (cabang Pop Solo Islami) yang membawa bendera kontingen.

Rektor yang menyaksikan kirab nusantara menyampaikan motivasi kepada peserta kirab dan kontingen IAIN Fattahul Muluk Papua dalam berlaga di berbagai lomba seni maupun olahraga. “Berikan prestasi terbaik dan jaga sportivitas,” ucap Rektor didampingi Wakil Rektor III Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd, Kabag Akademik Kemahasiswaan Abu Ode Sita, M.Si dan Ketua Dharma Wanita Persatuan IAIN Fattahul Muluk Papua Masyitha Fachria Alhamid, SE.

Pada bagian pengucapan janji atlet, peserta dari kontingen IAIN Fattahul Muluk Papua Hasan Basri Buano menjadi satu-satunya wakil peserta PTKN yang tampil berdampingan dengan perwakilan dewan juri di panggung PESONA.

“Siap mentaati peraturan yang berlaku dilandasi jiwa kesatria demi menjaga nama baik almamater dan negara Republik Indonesia,” ucap mahasiswa Prodi Perbankan Syariah yang mengikuti cabang MTQ ini.

Dalam pembukaan PESONA, Menteri Agama berpesan agar para peserta dan kontingen PESONA I agar menjaga sportifitas. “Olahraga dan agama adalah tarikan nafas yang tidak dapat dipisahkan, olahraga itu mencari prestasi, siapa yang ulet dia yang menang,” kata Yaqut. Menag meminta kegiatan ini terus dilanjutkan meskipun pejabatnya suatu saat akan berganti. “Ikan hiu geter-geter, see you latter,” ujar Menag menutup sambutannya dengan sebuah pantun.
Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengajak kepada hadirin yang hadir agar tetap menjaga protokol kesehatan. Pada sambutan lain, Kapolda Jabar Irjen Suntana mengatakan bahwa pihaknya siap membantu kesuksesan PESONA di UIN SGD Bandung. Selaku pimpinan kontingen, Wakil Rektor III Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd menyampaikan bahwa IAIN Fattahul Muluk Papua mengirim peserta pada cabang lomba Pencak Silat, Karate, Pop Solo Islami, Musabaqah Hifzil Quran, Musabaqah Tilawatil Quran, dan Kaligrafi. (*)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments