Berita

Momen Lebaran, IAIN FM Papua Gelar Silaturrahim Virtual

(www.iainfmpapua.ac.id) – Dalam masa pandemi Covid-19, jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua merayakan lebaran dengan menggelar silaturahmi secara virtual melalui video conference, 25 Mei 2020. Dalam acara silaturahmi tersebut, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si mengawali sambutan dengan mengucapkan permohonan maaf kepada para pejabat dan seluruh pegawai IAIN Fattahul Muluk Papua.

“IAIN Papua tidak berarti apa-apa tanpa keberadaan kita semua, sekecil apapun peran kita, harus kita yakini bahwa kita adalah bagian dari sistem besar dari sebuah kapal yang kita tumpangi bersama,” urainya. Di masa pandemi Covid-19 ini, Rektor berpesan untuk mengambil hikmah dari terjadinya wabah.

Screenshot Silaturrahim online

“Allah memberikan kesempatan kita untuk lebih mengoreksi diri bahwa ukuwah itu mahal, di rumah mulai rindu ke kantor, rindu canda tawa temen-temen kantor, ini adalah bagian ukuwah batiniah,” terangnya. Ia menghimbau kepada pejabat, dekan dan dosen agar kelak dapat mewujudkan kegiatan ‘Senin dan Kamis Mengaji’ sebagai upaya untuk menenangkan jiwa dan meramaikan kampus dengan alunan ayat-ayat suci Al-qur’an.

Di kesempatan yang sama, Wakil Rektor I Dr. H. M. Dahlan Sain, S.Ag, M.M berharap agar apa yang disampaikan Rektor dapat menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademik untuk selalu maju, berkembang, dalam membesarkan kampus. “IAIN Fattahul Muluk Papua adalah lahan yang sangat produktif untuk menggali nilai-nilai dan keberkahan dari Allah SWT,” paparnya.

Sementara itu Kepala Biro (Kabiro) Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Moh. Junaidin, MA mengatakan bahwa komunikasi virtual, silaturahmi sosial secara online adalah hal yang paling realistis di tengah pandemi. “Kita juga bersyukur karena kita sudah akrab dengan internet, silaturahmi online ini bukan karena kita tidak mampu bertemu, tetapi hanya tertunda dengan wabah,” jelasnya. Kabiro berharap agar wabah cepat berlalu. “Semoga kita bisa menata kehidupan yang baru dan lebih baik lagi, insyaaAllah,” harapnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Fattahul Muluk Papua Didik Efendi, M.Pd yang juga mengikuti video conference tersebut menyampaikan progress perkembangan penerimaan mahasiswa baru usai momen lebaran. Menurutnya, wabah Covid-19 tidak menghalangi calon mahasiswa baru (Maba) untuk melanjutkan kuliah, dimana semua perguruan tinggi membuat berbagai upaya untuk memudahkan calon mahasiswa melakukan pendaftaran kuliah.

“Kami memudahkan Maba dalam melakukan pendaftaran dengan menghubungi HP Admin Fakultas Tarbiyah baik melalui SMS ato WA, kemudian mengirim persyaratan pendaftaran ke nomor admin, dan kemudian Admin mendaftarakan Maba yang telah mengirim persyaratan,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Prodi PGMI memberikan kemudahan biaya pendaftaran bagi Maba.

“Gratis untuk sejumlah kuota terbatas yang lebih dulu mendaftar, silahkan kontak ke 082198325439,” ujarnya. Pihaknya juga membentuk tim kreatif untuk membuat video pengenalan Prodi PGMI, mengajak seluruh dosen dan mahasiswa untuk mempromosikan Prodi PGMI via media sosial Youtube, FB, IG dan WA, serta membuka jejaring sosial dalam merekut Maba. Ia berharap wabah segera berakhir, agar dapat memulai aktifitas perkuliahan kampus dengan normal. (*)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments