Pelantikan Pengurus HMPS HKI
Berita

Pelantikan HMPS HKI: Keaktifan Berorganisasi dan Kuliah Harus Selaras

(iainfmpapua.ac.id) –  Keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi dan mengikuti perkuliahan harus berjalan selaras. Dosen Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (HKI), Zulfadli, SH, MH mengemukakan hal ini dalam sambutannya pada Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) HKI Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 31 Maret 2021.

Zulfadli, M.H

“Sebagai contoh, ada beberapa mahasiswa yang aktif berorganisasi sampai menjadi ketua lembaga dan panitia inti, namun kuliahnya terbengkalai,” ujarnya mewakili Kaprodi HKI. Menurutnya, kedua hal tersebut harus bisa dijalankan secara seimbang. “Mahasiswa aktif berorganisasi, namun kuliah juga tetap aktif karena ketika mahasiswa lulus dari kampus dan masuk ke dunia kerja, yang dibutuhkan adalah ijasah akademiknya, sedangkan sertifikat organisasi hanya sebagai penunjang,” imbuhnya. Ia menambahkan, dalam melaksanakan suatu kegiatan organisasi, mahasiswa harus fokus pada proses dan hasil. “Jika proses dilakukan dengan baik maka hasilnyapun akan lebih baik, harus ada output dari kegiatan tersebut,” terangnya. Mahasiswa yang baru dilantik ini diharapkan menjadi contoh mahasiswa yang lain dalam memimpin organisasi. “Tidak gampang menjadi pengurus organisasi karena semua orang bisa menjadi pemimpin, tapi tidak semua orang bisa memimpin, pemimpin adalah suatu jabatan sedangkan memimpin adalah seni,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Syariah, Dr. Eko Siswanto, M.H menyampaikan agar mahasiswa mengupdate informasi di media terkait peluang-peluang besar yang dapat diperoleh setelah lulus dari kampus. “Di instansi Mahkamah Agung ataupun Kemenkumham misalnya, dapat diakses informasinya dalam rangka untuk mencari peluang karir ketika nanti lulus dari kampus,” terangnya. Ia minta pengurus HMPS dapat aktif melakukan publikasi kegiatan positif di media sosial. Menurutnya, mahasiswa yang berorganisasi harus dapat mengoptimalkan kegiatan seminar ataupun kajian ilmiah dalam rangka memperkuat kompetensi mahasiswa. “Momen pelantikan ini dapat memberi spirit kepada mahasiswa untuk lebih meningkatkan kualitas dalam menjalankan perkuliahan,” tutupnya.

Dr. Eko Siswanto, M.H

Ketua Umum Terpilih HMPS HKI periode 2021-2022, Fitra Mahatma Gandi berpesan kepada pengurus yang dilantik agar dapat bekerjasama, bertanggung jawab dan bekerja dengan baik hingga periode selesai. “Memang tidak mudah menjalankan sebuah kepengurusan, yang perlu kita tanamkan adalah bekerja sesuai dengan tupoksi dengan sebaik-baiknya,” pungkas mahasiswa Semester 4 ini. Dalam kegiatan tersebut, Dekan Syariah melantik Fitra Mahatma Gandi sebagai Ketua HMPS HKI dan Rahmat Hidayat Setiawan sebagai Wakil Ketua.

Fitra Mahatma Gandi

Pelantikan HMPS yang mengusung tema ‘Mewujudkan Mahasiswa Yang Unggul, Kompetitif, Dan Integratif Serta Berdaya Saing Tinggi’ ini dihadiri mahasiswa, dosen, dan perwakilan HMPS lain di lingkungan IAIN FM Papua dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments