Berita

Idamkan Pelayanan Tanpa Salah Paham, FEBI Gelar Penyusunan SOP

(www.iainfmpapua.ac.id) – Untuk menciptakan kualitas pelayanan akademik yang baik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Penyusunan SOP di Aula FEBI, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 25 November 2020.

“Kami mengidamkan pelayanan yang tanpa tumpang tindih, yang tanpa salah paham, maka penyusunan SOP yang baku diharapkan akan mewujudkan pelayanan akademik yang berkualitas,” ujar Dekan FEBI Dr. M. Anang Firdaus, M.Fil.I dalam sambutan pembukaan kegiatan.

Menurutnya, Standard Operation Procedure (SOP) akan menjadikan kinerja para dosen dan staf lebih efektif dan efisien. “SOP ini saat ini lebih ke arah mekanisme pleno dan sosialisasinya, untuk itu kami mengharapkan keterlibatan aktif dari semua pihak yang hadir agar dapat menciptakan SOP yang berkualitas,” jelasnya.

SOP tersebut, lanjutnya, akan menjadi acuan baku untuk berbagai aktifitas di FEBI. “Sehingga pelayanan akademik akan lancar dan tidak bertabrakan satu dengan yang lain,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si mengatakan, semua pihak di lingkungan kampus wajib membangun kesadaran tentang keberadaan dirinya sebagai aparatur sipil negara. “Untuk itu, saudara wajib mempelajari berbagai perangkat aturan dalam pelaksanaan kerja,” urainya.

Rektor Dr H Idrus Alhamid, MSi

Dalam rangka penyusunan SOP, maka dosen dan pegawai harus mendapatkan referensi yang valid terkait bidang tugasnya. “SOP harus dibuat dengan benar dan terstruktur agar berbagai kesulitaan dapat diatasi,” terangnya.

Rektor mencontohkan tentang berbagai kendala kecil yang sering terjadi dalam tata administrasi perkantoran di lingkungan pemerintah. “Misalnya soal penulisan nomor persuratan, kadang masih sering mengalami kebingungan, nah dengan SOP yang baku inilah semua nanti akan terpecahkan,” harapnya. Rektor berharap semua pihak dapat mengutamakan pelayanan kepada mahasiswa dan berbagai pihak yang membutuhkan layanan akademik dan keuangan. Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari ini diikuti para pejabat, dosen, dan staf di lingkungan FEBI. Penyusunan SOP dilaksanakan dengan penerapan protkes. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments