Berita

Pelantikan HMPS PS : Kecanggihan Teknologi Jangan Membuat Akhlak Luntur

(iainfmpapua.ac.id) – Kecanggihan penggunaan teknologi di jaman modern seharusnya tidak membuat akhlak manusia menjadi luntur. Wakil Dekan (Wadek) II Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Syaiful Muhyidin, M.Ag menegaskan hal ini dalam sambutan Pelantikan Pengurus Harian Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah (HMPS PS) Periode 2022 – 2023  di Gedung Aula Terpadu Kampus, Jalan Merah Putih Buper Waena, 10 April 2022.

Kolase Foto Fachrudin Fikri Affandy, Syaiful Muhyidin, dan Hasan Basri Buano

“Memang ini salah satu tantangan, rekan-rekan pengurus yang baru saja dilantik harus responsif terhadap perkembangan zaman dan perkembangan teknologi,” tuturnya. Ia meminta kepada mahasiswa untuk tidak melunturkan akhlak murid kepada gurunya. “Jangan sampai kecanggihan teknologi membuat lunturnya akhlak murid kepada gurunya dan juga kepada orangtuanya, misalnya contoh kecil Ketika seorang dosen sedang menerangkan di depan kelas, mahasiswa malah sibuk dengan gadgetnya sendiri, ini yang harus kita perhatikan,” pesannya.  Wadek II meminta mahasiswa untuk belajar menghargai orang lain, menerima perbedaan pendapat, namun tidak sampai menghilangkan rasa menghormati antar sesama. “Perbedaan pendapat itu hal yang wajar dalam berorganisasi, jangan sampai perbedaan membuat kita renggang, justru di sinilah tempat kita belajar menghargai dan mencari solusi Bersama” tukasnya.

Pada bagian yang sama, Ketua Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Fachrudin Fiqri Affandi, M.E menyebutkan bahwa HMPS merupakan wadah bagi mahasiswa untuk belajar berorganisasi dan mengabdi. “Dalam berorganisasi, selalu tanamkan di dalam benak kita untuk senantiasa belajar dan mengabdi, terus mengasah softskill, hardskill, dan membentuk jiwa kepemimpinan,” tegasnya. Ia juga menambahkan, berorganisasi dapat menjadi lahan pengabdian diri sebelum nantinya akan terjun ke masyarakat. 

Sesuai dengan tema ‘Mewujudkan HMPS PS yang bersinergitas Tinggi, Dinamis dan Responsif terhadap perkembangan Zaman’, Ketua HMPS PS Hasan Basri Buano optimis akan mewujudkan visi misi ini bersama pengurus lain dalam satu periode ke depan. “Namun tentunya untuk mewujudkan ini semua kerjasama adalah kuncinya,” papar mahasiswa semester enam ini. Ia juga mengajak seluruh mahasiswa PS untuk ikut aktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan. “HMPS PS bukan hanya sekelompok pengurus, melainkan wadah yang menghimpun seluruh mahasiswa PS dan aspirasinya yang akan disampaikan oleh keterwakilan HMPS kepada Prodi dan Fakultas,” urainya. Wadek II mewakili Dekan FEBI juga melantik para mahasiswa semester empat yakni Doni Prasetio Anggono sebagai Wakil Ketua, Nurul Hidayah sebagai Sekretaris, dan Siti Rahmianti sebagai Bendahara. Kegiatan ini dihadiri para dosen dan mahasiswa di lingkup Prodi Perbankan Syariah FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments