Berita

Pemilihan Duta FEBI: Wawasan, Bakat, Jurus Silat, Hingga Kuliner

(www.iainfmpapua.ac.id) – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menyelenggarakan Pemilihan Duta FEBI 2020 di Aula gedung FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura 25 Februari 2020.

Peserta Seleksi Final Duta FEBI terdiri dari 15 mahasiswa dan mahasiswi ditantang untuk memiliki wawasan luas tentang ilmu di bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah, serta memunculkan bakat dan keterampilan yang mereka miliki.

Sesi foto bersama para finalis Duta FEBI

Kepala Bagian Administrasi Umum dan Keuangan FEBI Venice Dijanto, MM sangat mengapresiasi materi essay dan penampilan semua peserta. “Saya bangga kepada semua peserta karena dari semester 2 hingga semester 6 sudah mampu membuat essay yang berkualitas, saya yakin ke depanya mereka bisa membuat karya ilmiah dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional,” papar Venice.

Tidak hanya mempresentasikan essay, namun para finalis juga menampilkan bakat yang istimewa seperti puisi, olah vocal, bermusik. Sebagian peserta lain menampilkan kebolehannya dalam penguasaan jurus beladiri pencak silat, berpidato menggunakan Bahasa Inggris, hingga menampilkan hasil karya kuliner. “Ada yang menyajikan masakan Dimsum, enak sekali dan plattingnya pun bagus, ini bisa dijadikan peluang bisnis bagi mahasiswa tersebut sekaligus mengaplikasikan ilmu yang telah dia dapat,” urai salah satu Dewan Juri Ny. Masyitha Fachria Alhamid, SE.

Salah satu peserta menampilkan bakat bermusik

Panitia sekaligus Dosen FEBI Ira Eka Pratiwi, M.E, mengatakan bahwa Pemilihan Duta FEBI telah melalui beberapa tahap seperti Pendaftaran, Seleksi Berkas yang sesuai dengan persyaratan, kemampuan akademis yang tercermin dari IPK, dan bakat yang dimiliki mahasiswa.

“Akhirnya dari 29 peserta terpilih 18 orang peserta yg terdiri dari 9 pria dan 9 wanita,” terang Ira. Pemenang Duta FEBI akan diumumkan pada Puncak Gebyar FEBI 2020.

“Mereka akan menjadi Duta FEBI, mereka menjadi representasi atau perwakilan dari Mahasiswa FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua untuk bertemu dengan pihak internal maupun eksternal kampus, menjadi icon FEBI untuk kegiatan-kegiatan kampus maupun kegiatan yang melibatkan stakeholder atau pihak ekstetnal, serta mempromosikan FEBI dan IAIN Fattahul Muluk Papua ke masyarakat secara lebih luas,” tegas Ira. Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan melatih dan mengembangkan rasa kepercayaan diri mahasiswa FEBI untuk berani tampil menunjukkan pengetahuan, bakat, dan kemampuan yang mereka miliki. “Saat ini masih sedikit sekali ajang-ajang yang digelar untuk mengasah dan mencari bakat-bakat mahasiswa di kampus,” tambahnya.

Kabag FEBI Venice Dijanto menyerahkan sertifikat Dewan Juri kepada Ny Masyitha Fachria Alhamid

Pemilihan Duta FEBI mencakup tiga aspek penilaian yakni sikap (attitude) dan kepercayaan diri, pengetahuan (knowledge) khususnya di bidang Ekonomi dan Keuangan Syariah, serta bakat dan keterampilan. (Min/Zul/Her/Ran).

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments