Berita

Wakili Distrik, Mahasiswa IAIN FM Papua Siap Menuju MTQ Tingkat Kota Jayapura

(www.iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua berpacu menjadi yang terbaik untuk mengikuti Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Jayapura, Papua yang akan dilaksanakan Maret 2020.

Sebelumnya, para mahasiswa dan mahasiswi IAIN Fattahul Muluk Papua telah mengikuti Lomba Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Distrik Kota Jayapura tanggal 23 Februari 2020.

Kolase Foto Ningrat Handayani, Topan Hidayat, dan Hardiyanti

Mahasiswi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Nur Hardiyanti meraih Juara 1 Terbaik Putri, di Distrik Jayapura Selatan pada Cabang Lomba Khatil Qur’an Kategori Kaligrafi Kontemporer.

“Saya mempersiapkan lomba ini dengan latihan penuh seminggu sebelumnya, serta menyiapkan peralatan yang akan digunakan untuk lomba,” ujar Hardiyanti yang sedang menjalani semester 6 perkuliahan ini.

Kegigihannya tidak lepas dari motivasi besar yang diberikan Pembina Unit Kegiatan Kampus (UKM) Kaligrafi IAIN Fattahul Muluk Papua dalam latihan Kaligrafi.

“Saya merasa senang dapat juara dan semakin semangat mempersiapkan diri untuk babak selanjutnya, semoga dengan juara ini teman-teman yang memiliki bakat dalam bidang kaligrafi menjadi termotivasi dan tidak berkarya di dalam kamar atau sekedar menjadikan hobi saja, melainkan juga bisa menyalurkan bakat dan karya mereka dalam ajang-ajang lomba seperti MTQ ini,” pungkasnya.

Jukri saat menerima hadiah

Ditemui terpisah, Dosen Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua sekaligus Pembimbing UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Kaligrafi Topan Hidayat, M.A mengatakan sangat bangga dengan prestasi peserta didiknya.

“Ini adalah salah satu bentuk syiar dan penanaman nilai-nilai keislaman melalui kaligrafi, saya hanya memberikan motivasi tanpa memprioritaskan juara, yang terpenting anak-anak didik berani tampil berimajinasi dengan bakat yang dimilikinya,” ujar Topan.

Ia menambahkan, UKM Kaligrafi yang tergolong baru di Papua membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Ia berharap mahasiswa dapat menyalurkan minat dan bakatnya di bidang seni kaligrafi dan seni lukis.

Sementara itu, Jukri Baharudin, Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Fattahul Muluk Papua mendapat Juara 1 Putra Cabang Lomba Menulis Makalah Ilmiah Alquran di Distrik Abepura. Dalam lomba yang digelar di Masjid Baiturrahim Kotaraja ini, Jukri mempersiapkan lomba dengan menggali ide dari berbagai pengalaman rekannya di luar daerah.

“Saya berharap ke depannya semakin banyak mahasiswa dapat menulis makalah tentang Al-qur’an dan menggali isi Al-qur’an serta menyajikannya secara ilmiah,” harapnya.

Hal senada disampaikan mahasiswa Prodi Hukum Tata Negara, Ningrat Handayani Fadhilah. Ningrat merengkuh Juara 1 Putri Cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an Kategori Putri. Menurutnya, lomba ini sangat menantang.

“Lomba ini tidak hanya sekedar menulis Karya Tulis ilmiah pada umumnya, tapi bagaimana Al-Qur’an sebagai sumber utama dalam penulisan KTI tersebut,” urainya.

Hasil kaligrafi Hardiyanti

Gadis yang memiliki hobi menulis ini berharap tulisannya dapat digunakan sebagai jalan untuk berdakwah. “Ini adalah jalan untuk menyiarkan Firman Allah karena apapun masalahnya, Al-Qur’an adalah solusinya,“ ujar mahasiswi yang pernah ikut Lomba Debat Konstitusi di Ajang PIONIR PTKIN 2019 ini. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments