Berita

PPs IAIN Papua Gelar Workshop Penyusunan RPS

(iainfmpapua.ac.id) –  Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Workshop Penyusunan dan Pembukuan RPS di salah satu hotel di Jayapura, 24 Juni 2023. Dalam sambutan pembukaan kegiatan ini, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd mengatakan bahwa rencana pembelajaran semester (RPS) adalah hal yang wajib bagi para dosen, khususnya di PPs IAIN Fattahul Muluk Papua.

“Tidak hanya disusun, tapi RPS juga harus dibukukan dengan teratur untuk memudahkan dosen sendiri dalam proses pembelajaran,” urainya. Rektor menyebutkan bahwa RPS layaknya sebuah surat ijin mengemudi (SIM) pada pengendara mobil atau motor. “Jadi, jika kita mengajar tanpa RPS, biasanya tidak ada alur, sistematika, langkah-langkah, dan gambaran umum untuk menyampaikan pendidikan dan pengajaran,” ucapnya. Hal ini akan terlihat saat dosen menyusun beban kerja dosen. “Jangan sampai kita akan kalang kabut dan menjadi temuan pemeriksaan,” ujarnya. Pihaknya menyemangati PPs IAIN Fattahul Muluk Papua dalam berinisiatif penyelenggaraan workshop ini. “Nanti saat akreditasi prodi, ini juga akan ditanya melalui borangnya, supaya kita ada progress dengan kualitas materi kita,” jelasnya.

Direktur PPs IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Faisal, M.HI menyampaikan bahwa para dosen di Program Pascasarjana bertanggungjawab dalam pembelajaran dan amanah sesuai standar nasional perguruan tinggi terkait RPS ini. “Kegiatan ini untuk memberi penguatan dalam penyusunan dan pembukuan RPS di kalangan pengajar sesuai dengan aturan-aturan terkait,” jelasnya.

Workshop ini menghadirkan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UNIYAP Muhammad Amin Hamid, MH. Ia menerangkan bahwa penyusunan RPS dimulai dari penentuan profil lulusan program magister. “Profil lulusan muncul dari alumni, para pengguna, dari pakarnya, seputar masukan-masukan atau kebutuhan-kebutuhan pihak eksternal,” urainya. Dari profil lulusan, lanjutnya, akan muncul capaian pembelajaran lulusan (CPL). “Setelah itu dibuat CPMK, atau capaian pembelajaran mata kuliah, dan seterusnya sampai seluruh tahapan penyusunan RPS harus dijalankan,” paparnya.

Kegiatan ini diikuti para dosen PPs IAIN Fattahul Muluk Papua dan peserta lainnya. (*)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments