Berita

Rakon Tarbiyah: Utamakan Program Dengan Partisipasi Publik

(iainfmpapua.ac.id) – Seluruh fakultas dan unit di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua diharapkan membuat program dengan partisipasi publik. Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menyampaikan hal ini dalam sambutan pembukaan Rapat Konsultasi (Rakon) Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua di salah satu hotel di Jayapura, 10 Juli 2021.

Rektor membuka Rakon

“Untuk meningkatkan kualitas sebuah program, harus selalu diupayakan keterlibatan masyarakat luar kampus dalam program tersebut,” ujarnya.

Dalam setiap kegiatan di tingkat program studi maupun fakultas, Rektor meminta peran publik yang aktif pada pelaksanaan di lapangan. “Tentu harus dipertimbangkan dengan aturan tentang pembiayaan dan aturan lain yang terkait,” tuturnya.

Saat ini, tambahnya, perkembangan situasi memaksa semua pihak untuk menyesuaikan berbagai model pembelajaran. “Teknologi juga berkembang cepat, yang membuat kita di lembaga pendidikan harus membuat perpaduan pembelajaran offline dan online,” urainya. Dengan semua perkembangan tersebut, Rektor meminta pelaksanaan program yang terukur dengan adanya partisipasi pihak luar dalam setiap kegiatan yang digelar kampus.

“Misalnya, ada kegiatan yang merekomendasikan alumni Fakultas Tarbiyah yang sudah menjadi guru untuk dapat beasiswa lanjut kuliah S2 atau S3 ke pusat, selain juga kemudahan pembiayaan untuk putra putri asli Papua yang akan kuliah di IAIN Fattahul Muluk Papua,” terangnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Zulihi, M.Ag mengajak semua sivitas di lingkup fakultas untuk beradaptasi dengan dinamika yang berkembang. “Kita harus terus berpacu, tahap demi tahap, sampai ketersediaan SDM cukup, sarpras cukup, di tengah tantangan yang juga bertambah untuk kita di timur Indonesia,” paparnya saat memberikan sambutan.

Dekan Fakultas Tarbiyah Dr Zulihi, MAg

Menurutnya, semua unsur di fakultas wajib saling memberikan dukungan untuk menciptakan kreatifitas dan inovasi dalam berbagai program pendidikan yang diminati masyarakat.

“Rakon ini akan menyatukan presepsi untuk memajukan Fakultas Tarbiyah, dan mendengar masukan konstruktif untuk mengimplementasikan program-program kita,” tutupnya.

Ketua Panitia Muhammad Ridwan, SAg, MM

Ketua Panitia Rakon Fakultas Tarbiyah Muhammad Ridwan, S.Ag, MM melaporkan, Rakon ini diikuti peserta dari unsur pimpinan IAIN Fattahul Muluk Papua, sivitas di lingkup Fakultas Tarbiyah, dan undangan lain. Kegiatan yang digelar dua hari ini dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan.

(Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments