Berita

Baru Setahun, PIK-R IAIN Papua Raih Prestasi pada Jambore Duta Genre Papua

(iainfmpapua.ac.id) –  Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua meraih Juara 3 PIK-R terbaik dalam kegiatan Jambore Ajang Kreativitas dan Pemilihan Duta Genre Provinsi Papua Tahun 2021. Lomba yang di ikuti oleh seluruh PIK-R se-Provinsi Papua ini di langsungkan pada bulan Juni dengan menyeleksi 10 Essay terbaik yang telah di buat oleh PIK-R Se-Provinsi Papua. Para finalis mempresentasikannya pada 09 Juli bertempat di balai Diklat Sosial Abepura Jayapura.

Kolase foto prestasi mahasiswa PIK R FEBI IAIN FM Papua

Candra Prasetyo, Mahasiswa Semester 5 Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah FEBI sebagai Ketua Tim mengatakan, tantangan dan kesulitan terbesar yang dirasakan ialah saat berusaha menyelesaikan persyaratan-persyaratan dalam mengikuti lomba.

“Karena kami masing-masing tentunya memiliki kesibukan lain dan tanggung jawab sebagai mahasiswa, jadi kami bersama-sama sedikit demi sedikit menyisihkan waktu agar dapat menyelesaikan persyaratan lomba dengan tepat waktu dan tetap melaksanakan tanggung jawab sebagai mahasiswa,” urainya.

Candra mengikuti lomba ini bersama Alfiya Syahli Indiyanto, mahasiswi Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Semester 5, Hilda Dwiyanti Rusliaman mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah Semester 5, dan Nurlia, mahasiswi Prodi Hukum Tata Negara Semester 5.

“Kita diminta membuat essay dikumpulkan ke GenRe provinsi Papua, dan alhamdulillah masuk ke 10 besar, kemudian membuat PPT dan mempresentasikan PIK-R, semua berjalan lancar hingga kami mendapat panggilan untuk ikut dalam acara Grand Final,” tuturnya. Mereka bersyukur dapat menjadi satu-satunya PIK-R baru yang langsung meraih Juara 3 PIK-R Terbaik se-Provinsi Papua.

Dihubungi terpisah, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN FAttahul Muluk Papua Dr. M. Anang Firdaus, M.Fil,I menyampaikan pujian atas kinerja PIK-R Tadrruj FEBI IAIN FM Papua yang baru berdiri pada tanggal 1 Oktober 2020. “Walau baru satu tahun berjalan, namun cukup banyak mengharumkan nama IAIN Fattahul Muluk Papua,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Abdul Karman, M.M yang juga sebagai Pembina PIK-R Tadrruj FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua memberikan apresiasi atas prestasi yang telah diraih Candra Prasetyo dan tim. Ia bersyukur atas pencapaian PIK-R Tadrruj FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua di tingkat provinsi. “Kami berharap para Pengurus PIK-R dapat mengajak lebih banyak lagi remaja ataupun mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang kehidupan remaja dan rencana kehidupan berkeluarga bagi remaja,” terangnya.

Karman mengatakan, PIK-R. Tadarruj memiliki arti melalui suatu tempat setahap demi setahap agar mencapai tujuan yang di harapkan. “Maksudnya ialah agar seluruh mahasiswa yang tergabung dalam PIK-R Tadarruj ini dapat menyelesaikan masalah demi masalah yang ada di kehidupan remaja dan juga dapat menjadi remaja yang berencana dengan melakukan segala hal secara bertahap,” ujar Karman.

Pusat Informasi dan Konseling Remaja adalah program yang digagas oleh BKKBN dan dibentuk di setiap sekolah, perguruan tinggi, remaja masjid atau lembaga-lembaga sejenis. Kegiatan yang bertemakan ‘Why Be Ordinary, When You Can Be Extraordinary’ ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan memilih figure yang dapat menjadi panutan untuk remaja lainnya.

(Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments