Berita

Rektor Serahkan Alkes ke Tim Satgas Covid-19 IAIN Fattahul Muluk Papua

(iainfmpapua.ac.id) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menyerahkan alat kesehatan (alkes) kepada Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 IAIN Fattahul Muluk Papua di halaman Rektorat, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 4 Mei 2020.

“Alkes ini berupa masker, hand sanitizer, sabun dan lain sebagainya,” ujar Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si.

Dalam arahannya, Rektor berpesan agar Tim Satgas tanggap dalam melihat kondisi internal penghuni kampus. “Jika ada teman kalian, adik-adik mahasiswa di asrama yang kesehatannya bermasalah, harus segera lapor ke Satgas agar dapat diberikan bantuan penanganan lanjutan,” tuturnya.

Rektor juga meminta agar para mahasiswa di lingkungan asrama menjalin koordinasi saat akan keluar area kampus. “Hanya saat ada keperluan penting saja boleh keluar, dan itupun wajib memakai masker serta menyampaikan ijin agar mudah dikontrol,” jelasnya di depan Tim Satgas.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Suparto Iribaram, MA menegaskan bahwa timnya bekerja mengawasi segala aktivitas di dalam kampus di masa pandemi ini. Ia bersama timnya membuat peraturan di lingkungan kampus guna mencegah penularan virus di asrama kampus.

Rektor memberikan penjelasan kepada satgas covid 19

“Ada prosedur tetap atau protap Covid-19 di lingkungan kampus agar membantu program pemerintah daerah dan nasional dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” paparnya.

Menurutnya, mahasiswa penghuni asrama yang sering keluar kampus akan ditetapkan statusnya sebagai ODP (orang dalam pengawasan). “Kami juga punya program untuk bantuan bagi yang terdampak Covid-19 dan program lainnya,” urainya.

Ia berharap, peralatan kesehatan yang sudah diterima tersebut dapat digunakan membantu mencegah masuknya virus Covid-19 di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua.

Wakil Rektor (Warek) III Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd, yang mendampingi Rektor mengatakan bahwa penyerahan peralatan kesehatan ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Menurutnya, Tim Satgas dan lembaga terus berupaya untuk membantu menyediakan stok bahan makanan bagi mahasiswa yang tinggal di asrama, yang bersumber dari lembaga maupun berbagai donatur.

“Alhamdulillah, sebelumnya ada bantuan bama dari Poresta Jayapura, Walikota Jayapura, pengurus Dharma Wanita IAIN Fattahul Muluk Papua serta beberapa tenaga dosen, pejabat, dan pegawai di lingkungan kampus,” jelasnya. Warek III berharap mahasiswa tetap melakukan aktifitas di seputar kampus dengan mengikuti prosedur kesehatan yang telah ditetapkan Tim Satgas Covid-19.

Penyerahan berbagai alat kesehatan disaksikan beberapa pejabat dan perwakilan mahasiswa dengan tetap menerapkan prosedur kesehatan di masa pandemi. Beberapa alkes tersebut selanjutya dibagikan kepada mahasiswa yang tinggal di asrama kampus. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments