Berita

DWP IAIN FM Papua Bagikan Bantuan Buka Puasa

(www.iainpapua.ac.id) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua membagikan bantuan berbuka puasa kepada mahasiswa di asrama putra dan asrama putri IAIN Fattahul Muluk Papua, Jalan Merah Putih Buper Waena, Kota Jayapura, 29 April 2020.

“Berbagi takjil dan makan untuk buka puasa ini merupakan salah satu kegiatan rutin DWP di bulan Ramadhan, tapi karena masih dalam masa pandemi covid-19 jadi kegiatan kami sangat terbatas,” ujar Ketua DWP IAIN Fattahul Muluk Papua Ny. Masyitha Alhamid, SE.

Menurutnya, berbagi takjil dan makanan buka puasa ini juga merupakan bentuk perhatian kepada mahasiswa perantauan yang tidak dapat pulang kampung karena dampak pandemi Covid-19.

DWP berfoto bersama perwakilan mahasiswi

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa, setidaknya mengurangi aktivitas mahasiswa untuk tidak keluar dari asrama,” ujar wanita yang aktif di kegiatan sosial ini. Selain makanan, DWP juga menyerahkan mukenah peralatan sholat kepada beberapa mahasiswi yatim yang ada di asrama. “Ini sumbangsih dari Community of Oxygen Jayapura, kami berterima kasih atas kepercayaan dari komunitas oksigen ini untuk menitipkan sedekah kepada kami untuk diberikan kepada mahasiswa,” urai Ummi Eri, panggilan akrabnya. Ia berpesan kepada mahasiswa agar tetap rajin belajar, menjaga kesehatan, melakukan kegiatan keagamaan serta tetap mengikuti anjuran pemerintah.

“Tetap di dalam ruangan, memakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, dan tidak mudik, semoga wabah ini cepat berlalu, sehingga DWP bisa melanjutkan kegiatan-kegiatan yang tertunda seperti pengajian rutin, membaca shalawat burdah dan kegiatan lainnya bersama mahasiswi asrama putri,” harapnya.

Kepada para mahasiswa, ia berpesan agar tidak menyampaikan hal-hal negatif di media sosial.

“Kami yang hadir bersama ibu-ibu lainnya di DWP, Ibu Purnomo, Ibu Abu Ode Sita, Ibu Randy, Ibu Agung, Ibu Asmawati dan yang lainnya meminta adik-adik agar hati-hati jangan sampai ikut menyebarkan berita bohong atau hoax dalam bermedia sosial,” pesannya.

Siti Bahmid, salah satu pengurus asrama putri sangat mengapresiasi pemberian makanan buka puasa dari DWP IAIN Fattahul Muluk Papua. “Ini benar-benar bermanfaat untuk yang tinggal di asrama,” ucapnya. Menurutnya, selama masa pandemi ini aktivitas mahasiswa di asrama sangat terbatas.

“Biasanya mahasiswa banyak yang hidup mandiri, kuliah sambil bekerja atau mengajar agar tidak bergantung kepada orang tua, sekarang mereka tidak bisa bekerja, jadi hanya mengandalkan kiriman dari saudara atau orang tua, sedangkan belum tentu orang tua di kampung juga ada penghasilan karena mereka juga dibatasi untuk tetap di rumah,” cerita Bahmid.

Sementara itu, Ketua Asrama Putri Siti Hadija Atbar bersyukur atas bantuan dari Ibu-ibu DWP dan Community of Oxygen. “Terima kasih, Alhamdulillah kami senang, InsyaAllah ini sangat bermanfaat dan berkah,” urai mahasiswi semester enam Prodi Matematika Fakultas Tarbiyah ini. Selama ini, untuk membuat menu buka puasa, mereka harus menunggu penjual sayur.

“Semoga wabah covid-19 ini cepat berlalu dan kami bisa melakukan aktivitas seperti biasa lagi,” pungkasnya. Penyerahan makanan berbuka puasa kepada mahasiswa ini dilakukan dengan tetap melaksanakan prosedur kesehatan yang dianjurkan pemerintah. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments