Berita

Studium Generale Bupati Jember: Kecerdasan Spiritual Kunci Sukses untuk Bahagia

(www.iainfmpapua.ac.id) – Kecerdasan spiritual merupakan kunci sukses bagi seseorang untuk mendapatkan kebahagiaan. Bupati Kabupaten Jember, Jawa Timur, Dr. Hj. Faida, M.MR menyampaikan hal tersebut dalam acara Studium Generale di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Jl. Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 27 Januari 2020.

Bupati Jember dr Hj Faida MMR

“Kecerdasan intelektual dan emosional itu memang kunci kesuksesan, namun belum tentu bahagia,”  tegasnya.

Menurutnya, jika mahasiswa cerdas, pintar, memiliki IPK tinggi, tapi tidak memiliki karakter yang baik, maka dia tidak akan bahagia.

“Lulusan IAIN Fattahul Muluk Papua bukan hanya memiliki kecerdasan, tapi akan bangga juga dikenal dengan orang sebagai mahasiswa yang sangat disipilin, jujur, dan penuh kasih sayang,” imbuh Faida.

Bupati Jember ini menegaskan bahwa prinsip yang perlu diperhatikan dalam menerapkan kecerdasan moral spiritual adalah adanya ketulusan hati, kejujuran, rasa tangagung jawab, rasa mengasihi dan pemaaf serta memiliki emosi yang terkendali.

Dalam paparannya, Faida juga mengajak mahasiswa untuk menciptakan rasa peduli kepada orang lain.

“Orang takkan peduli seberapa banyak yang anda ketahui hingga mereka tahu seberapa jauh anda peduli,” tegasnya.

Sebagai Bupati Jember, ia menunjukkan bahwa pihaknya membantu lebih dari sepuluh ribu mahasiswa untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan berbagai macam beasiswa. Selain itu, ia juga menggratiskan biaya sekolah dari tingkat dasar hingga sekolah menengah atas.

Penandatanganan MoU antara Rektor IAIN FM Papua Dr H Idrus Alhamid dengan Bupati Jember

“Saya juga ucapkan terima kasih karena Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua telah peduli dengan mahasiswa dari Jember, yang juga mendapatkan beasiswa dan keringanan Uang Kuliah Tunggal,” ucapnya.

Sementara itu Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H.Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si dalam sambutannya berharap agar Bupati Jember dapat membantu meneruskan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Lintas Nusantara antar mahasiswa dari IAIN Fattahul Muluk Papua dengan mahasiswa dari Jember.

“Saya juga berharap ada bentuk kerjasama yang lainnya di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara Kampus IAIN Fattahul Muluk Papua dengan Pemkab Jember.

Sesi foto bersama

Acara Studium Generale bersama Bupati Jember dr. Hj. Faida, M.MR ini dihadiri segenap pejabat, dosen, pegawai, para undangan, dan perwakilan mahasiswa di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Min/Zul/Her/Ran).


Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments