Berita

Tingkatkan Semangat Berkurban Saat Pandemi

(iainfmpapua.ac.id) – Dalam situasi pandemi saat ini, warga kampus hendaknya meningkatkan semangat untuk berkurban di moment Hari Raya Idul Adha. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menyampaikan hal ini dalam sambutan kegiatan ‘Pemotongan Hewan Kurban Keluarga Besar IAIN Fattahul Muluk Papua’ di lingkup kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 22 Juli 2021.

“Dalam situasi sulit, marilah kita mempertebal niat dan semangat untuk membeli, memotong hewan kurban dan membagikannya kepada yang berhak,” ujarnya.

Saat pandemi, lanjutnya, kegiatan berkurban juga merupakan perwujudan dari empati umat kepada umat yang lain. “Marilah kita pandai bersyukur, insyaa Allah apa yang kita lakukan diberkahi oleh Allah SWT,” tuturnya.

Rektor menginginkan agar para warga kampus dapat melihat situasi dan kondisi warga yang tengah dilanda kesulitan ekonomi. “Jika ada keluarga-keluarga di wilayah Jayapura, Keerom dan sekitarnya yang kesusahan, seperti keluarga yatim, kita dapat mengirimkan daging kurban serta infaq ke mereka,” jelasnya.

Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd mengatakan, keluarga besar IAIN Fattahul Muluk Papua memotong 8 ekor sapi pada moment Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun ini. “Tujuh ekor sapi dari pegawai kita, dan ada satu ekor sapi dari Yayasan Masyarakat Muslim Freeport,” terangnya.

Selain untuk warga kampus, tambahnya, daging hewan kurban juga akan didistribusikan ke berbagai pondok pesantren di berbagai wilayah.

“Dengan ini, sekaligus upaya kita untuk memperkenalkan keberadaan kampus IAIN Fattahul Muluk Papua ke masyarakat secara lebih luas,” pungkasnya.

Prosesi pemotongan hewan kurban dipimpin Direktur Program Pascasarjana Dr. H. Husnul Yaqin, MH. Kegiatan ini diikuti segenap pimpinan, dosen, staf, Dharma Wanita, dan mahasiswa di lingkup IAIN Fattahul Muluk Papua dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments