Berita

Workshop Penguatan Mahasiswa : Jaga Sikap Moderasi

(iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa harus menjaga sikap moderasi saat melaksanakan kegiatan di masyarakat. Dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Dr. Zulihi, M.Ag menyampaikan hal ini dalam ‘Workshop Penguatan Mahasiswa, Penyusunan Tugas Akhir dengan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaf’ di Aula Kampus, Jalan. Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 19 Januari 2023.

“Saat turun lapangan untuk melakukan penelitian terapkan juga etika moral yang berbasis moderasi, karena kalian akan ditempatkan di berbagai sekolah,” jelasnya. Zulihi mengingatkan pentingnya bersikap toleran khususnya di sekolah-sekolah umum. “Anda akan bertemu dengan berbagai macam orang yang memiliki latar belakang agama dan budaya yang berbeda,” tuturnya. Zulihi berharap kegiatan ini dapat bermanfaat serta membantu mahasiswa dalam penyusunan tugas akhir sehingga mendapatkan hasil terbaik. “Kalian harus gesit dan cekatan berkonsultasi dengan kaprodi maupun dosen pembimbing terkait menentukan tema atau isu-isu yang akan diteliti,” ujarnya. Menurutnya mahasiswa harus punya schedule yang tertata serta target untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Panitia kegiatan, Debby Riana Hairani, M.Pd menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan akademik kepada mahasiswa. “Khususnya mahasiswa akhir yang diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk persiapan ujian kompre dan ujian akhir,” paparnya.

Pemateri kegiatan tersebut, Andi Miftahul M Mursyid, M.Pd memaparkan bahwa mayoritas penelitian di IAIN FM Papua menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. “Perbedaan dasar dari kedua metode tersebut yakni kualitatif berbasis pada data yang sudah terkonfirmasi keakuratannya kemudian dituangkan dalam kata atau kalimat,” jelasnya. Sedangkan kuantitatif berbasis pada angka. “Di mana prosesnya menggunakan metode statistik,” imbuh dosen Tadris Bahasa Inggris ini. Workshop yang digelar Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) ini diselenggarakan selama 2 hari dan diikuti oleh seluruh mahasiswa akhir prodi PIAUD dan MPI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua.  (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments