Berita

Aktif di Organisasi, Melatih Jiwa Pemimpin

(iainfmpapua.ac.id) – Aktif di Organisasi, Melatih Jiwa Pemimpin, Wakil Dekan I Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Moh. Wahib, Lc. M.A. menegaskan hal ini dalam sambutannya pada ‘Pelantikan dan Raker Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) HKI’, di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 14 Desember 2021.

“Dengan ikut berorganisasi membuat anda terbiasa untk jadi pemimpin, ketika lulus sarjana nanti anda dapat mengimplementasikan pengalaman yang di dapat selama mengikuti organisasi terkait kepemimpinan karena dalam sebuah instansi pasti ada yang memimpin,” jelasnya. Menurutnya dasar kepemimpinan harus dilatih mulai dari sekarang. “Agar dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan  dan meningkatkan potensi dalam berbagai bidang  kepengurusan yang sudah dicanangkan HMPS seperti bidang pendidikan dan pengembangan intelektual anggota, bidang keagamaan dan kerohanian, bidang perempuan dan bidang sosial media dan publikasi” paparnya. Kepengurusan bidang-bidang tersebut diharapkan aktif  dan berkontribusi pada program-program kampus. “Seperti saat ada kegiatan seminar, pengajian/tabliq akbar, serta turut andil dalam kegiatan DWP kampus saat melakukan kegiatan anjangsana,”  terangnya. Selain itu, yang terpenting melakukan program sosialisasi dan publikasi terkait keberadaan prodi. “Seperti saat penerimaan mahasiswa baru memperkenalkan profil HKI dan memberikan testimoni terkait prestasi-prestasi yang diperoleh mahasiswa HKI, dimana hal tersebut dapat menarik minat masyarakat,” imbuhnya. Wahib berpesan kepada mahasiswa yang dilantik untuk fokus pada kegiatan pengembangan potensi Prodi.

Dosen Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam (HKI), Zulfadli, SH, MH menyampaikan bahwa pelantikan dan raker hari ini diharapkan dapat menghasilkan program kerja yang sesuai dengan kapasitas diri. “Buatlah program kerja yang tidak melebihi kapasitas diri agar program tersebut dapat direalisaikan,” ujarnya mewakili Kaprodi HKI. Menurutnya, suatu program tidak akan jalan jika tidak dilakukan dengan maksimal . “Artinya jangan membuat program kerja yang tidak sesuai dengan kapasitas anda, dimana untuk merealisasikannya anda lakukan tidak maksimal,” jelasnya. Harapannya program kerja yang dicanangkan nantinya dapat berkontribusi dan membawa nama baik prodi HKI. “HMPS HKI diharapkan mempunyai program-program yang bisa mengembangkan skill dan kapasitas sebagai seorang mahasiswa,” imbuhnya. Dosen prodi HKI ini pun memaparkan bahwa organisasi hanyalah unsur penunjang. “Jadi yang perlu diingat organisasi bukanlah perkuliahan jadi jangan sampai mengabaikan kuliah karena terlalu fokus pada kegiatan organisasi, jangan sampai organisasi mengontrol waktu anda namun bagaimana anda bisa mengatur waktu berorganisasi” terangnya. Menurutnya, hal itu karena mahasiswa adalah penggerak bukan orang yang digerakkan organisasi.

Ketua HMPS HKI periode 2021-2022, Adnan Eka Putra

Ketua Umum Terpilih HMPS HKI periode 2021-2022, Adnan Eka Putra berpesan kepada pengurus yang dilantik agar bisa solid. “Kita disini sama –sama belajar jadi jangan takut dan malu jika melakukan kesalahan karena kita akan dibina dan dididik bersama,” ujarnya. Menurutnya anggota HMPS HKI pun perlu berkoordinasi dengan senior-senior. “Untuk belajar bagaimanaca cara menjadi MC, menyusun acara, tilawah, dan lainnya,” imbunya. Mahasiswa semester 5 ini pun berharap kedepannya dapat bekerja semaksimal mungkin dalam menjalankan program kerja HMPS HKI. “Dimana HMPS HKI dapat dikenal ditengah-tengah masyarakat, serta output yang dihasilkan nantinya dapat berkontribusi pada prodi dengan dapat merekrut mahasiswa tiap tahunnya,” ujarnya. Dalam kegiatan tersebut, Wakil Dekan Syariah melantik Adnan Eka Putra sebagai Ketua HMPS HKI periode 2021-2022.

Pelantikan HMPS HKI yang mengusung tema ‘Totalitas Tanpa Batas Konribusi Tiada Henti, Militansi Harga Mati, Demi Meraih Kejayaan HMPS HKI’ ini dihadiri mahasiswa dan dosen di lingkungan IAIN FM Papua dengan penerapan protokol kesehatan. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments