Berita

Tingkatkan Amal, HMPS PGMI Gelar Bukber dan Khotmil Quran

(iainfmpapua.ac.id) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (HMPS- PGMI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan ‘Khatam Al-Qur’an sekaligus Buka Puasa Bersama’ di Kampung Yoka Jayapura, 24 April 2022. Dalam sambutannya, Ketua Program Studi (Kaprodi) PGMI Didik Efendi, M.Pd memaparkan bahwa Bulan Ramadhan hendaknya menjadi ajang untuk mempererat silatuhrahmi dan meningkatkan amalan keimanan.

“Buka bersama atau bukber kali ini dirangkai dengan pembacaan doa khotmil qur’an, dimana selama bulan Ramadhan ini mahasiswa PGMI telah menghatamkan Al-Qur’an dua kali,” ujarnya. Menurutnya, buka bersama dapat dijadikan ajang untuk mempererat silatuhrahmi antar keluarga besar PGMI. “Baik bagi mahasiswa, dosen dan alumni,” imbuhnya. Dalam kesempatan tersebut, Didik mengingatkan pentingnya peran mahasiswa untuk berkontribusi melakukan sosialisasi Prodi PGMI ke masyarakat. “Seperti mempromosikan Prodi PGMI melalui media sosial masing-masing dengan memperhatikan etika dalam berkomunikasi, yang menunjukkan akhlak yang terpuji dari setiap ucapan maupun perbuatan,” terangnya.

Al Musjan, Mahasiswa PGMI semester 2 yang memberikan tausiyah dalam kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya memaksimalkan obsesi dalam menuntut ilmu. “Tidak menutup kemungkinan ketika kita berkuliah dan memaksimalkan serta mempergunakan ilmu yang kita peroleh dalam hal kebaikan, kita bisa menjadi orang yang ahli dalam bidang ilmu yang kita emban sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain,” paparnya. Menurutnya, proses dalam menggapai cita-cita yang besar tersebut butuh perjuangan dan pengorbanan. “Namun jika sudah menyempurnakan niat dalam menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan jalannya, maka dari itu teruslah berusaha, belajar, berproses, dan niatkan karena Allah,” jelasnya.

Ketua HMPS-PGMI, Aisah Nurwati menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh HMPS PGMI setiap tahunnya. “Saya berharap kegiatan ini dapat memupuk rasa persaudaraan di antara mahasiswa,” imbuhnya. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah, Dr. A. Arif Rofiki, M.Pd beserta dosen, mahasiswa dan alumni di lingkungan Prodi PGMI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments