Berita

HMPS PAI Gelar Pentas Seni

(iainfmpapua.ac.id) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (HMPS PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar pentas seni dalam rangka semarak peringatan Hari Sumpah Pemuda, di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 29 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi (Kaprodi) PAI, A. Ubaidillah, M.Pd menyampaikan bahwa saat ini bangsa Indonesia memerlukan dan membutuhkan putra-putri terbaik. “Yang memiliki kreatifitas dan prestasi untuk memajukan Indonesia, karenanya kiprah seorang pemuda dan pemudi harus tetap kalian jaga untuk generasi selanjutnya,” paparnya. Menurutnya, kegiatan ini dapat menambah semangat para pemuda-pemudi yang mulai pudar. “Dengan meluasnya teknologi yang bisa berdampak pada terlupanya sejarah, padahal sejarah itu penting untuk diingat guna membangkitkan semangat para pemuda untuk bersatu dalam nasionalis kebanggaan besar Indonesia untuk menyatakan dan berikrar bahwa Indonesia harus bersatu,” jelasnya. Ubaidillah menekankan kegiatan seperti ini harus tetap dijaga. “Perlu ada sistem estafet dimana kegiatan ini tidak dapat berjalan tanpa sumbangsih dari HMPS lain, karenanya diperlukan kerjasama antar HMPS,” terangnya. Kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa pemuda pemudi di HMPS PAI sangat produktif dan berkontribusi untuk memajukan Indonesia. “Langkah kecil yang kalian lakukan ini dapat berdampak besar dalam menggambarkan semangat pemuda-pemudi masa kini,” ujarnya.

Harapannya para mahasiswa dapat terus melakukan kegiatan ini tiap tahunnya. “Dengan berbagai bentuk ekspresi kalian dalam memperingati momentum tersebut, serta dapat mengajak kampus lain untuk dapat berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan tersebut,” imbuhnya. Sumpah pemuda harus dibangkitkan, ditanamkan, dan dilekatkan dalam jiwa pemuda-pemudi terbaik bangsa. “Khususnya kalian yang turut berpartisipasi dalam momentum ini, semoga kegiatan ini dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk membakar jiwa-jiwa muda yang mungkin sempat padam,” jelasnya.

Ketua HMPS PAI, Siti Syifa Mayangsari Mayalibit memaparkan tujuan diadakan kegiatan ini ubtuk menunjukkan kemampuan dan potensi mahasiswa di IAIN Papua. “Terutama mahasiswa PAI sebagai seorang pemuda-pemudi yang berkualitas, sebagaimana yang harus dimiliki seorang pemuda-pemudi pembangun masa depan bangsa,” paparnya. Menurutnya, kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi antar HMPS. “Agar dapat tercipta lingkungan sosial antar HMPS yang harmonis dengan menunjukkan bakat masing-masing,” imbuhnya.

Ketua panitia kegiatan, Hasniar menerangkan semarak sumpah pemuda ini diisi dengan berbagai kegiatan pentas seni. “Mulai dari Band UKM music religi, pidato, puisi, tarian kreasi daerah, seni beregu yang dilakukan oleh gabungan HMPS di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua di bawah naungan pencak silat,” tuturnya. Selain itu, ada juga penampilan seni musik dan menyanyi.

Kegiatan dengan tema ‘Bersatu Bangkit untuk Kemajuan Putra dan Putri Indonesia’ ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments