Berita

Candra, Mahasiswa IAIN FM Papua Raih Juara 1 Duta GenRe Provinsi Papua

Candra Prasetyo

(www.iainfmpapua.ac.id) – Candra Prasetyo, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua meraih Juara 1 Duta Generasi Berencana (Genre) Propinsi Papua, 29 Agustus 2020. Pemilihan Duta Genre ini diselenggarakan oleh GenRe Provinsi Papua yang difasilitasi penuh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua di salah satu hotel di Jayapura.

“Alhamdulillah saya senang dapat mewakili Pramuka Cyclop-Jayawijaya IAIN FM Papua dalam Lomba Duta Genre Provinsi Papua,” ungkap mahasiswa semester 3 ini. Candra mempunyai ketertarikan yang kuat pada kontes tersebut. “Saya ingin ikut berperan aktif dalam mewujudkan generasi emas dalam bonus demografi yang akan Indonesia dapatkan nantinya,” ujarnya.

Candra sendiri tidak menyangka bisa menjadi duta GenRe provinsi Papua 2020. Ia mengaku tidak melakukan persiapan khusus dalam mengikuti lomba tersebut. “Saya tidak berasal dari PIK-R atau Pusat Informasi Konseling Remaja, namun, dengan niat dan tekad saya untuk belajar itu sudah lebih dari cukup untuk saya,” ungkapnya. Ia merasa bahwa keberhasilannya tidak lepas dari peran banyak pihak di kampus.

“Alhamdulliah semua ini tak luput dari dukungan semua pihak, orang tua, keluarga, teman-teman kampus, teman-teman di luar kampus dan teman-teman organisasi,” paparnya. Sebagai Duta GenRe, ia memiliki tugas utama memberikan informasi mengenai isu-isu remaja hingga ke pelosok daerah di Provinsi Papua. “Semoga dengan kegiatan tersebut saya bisa menjadi manusia yang bermanfaat bagi nusa, bangsa dan agama serta semua remaja mendapatkan masa depan yang baik dan menggunakan masa mudanya dengan maksimal,” harap mahasiswa yang bercita-cita menjadi team rescue ini. Selain menjadi duta Genre Provinsi Papua, Candra juga pernah meraih prestasi dalam lomba Duta FEBI IAIN FM Papua 2020, lomba puisi tingkat nasional, Raimuna cabang kabupaten Madiun, Raimuna Nasional 2017, dan lomba tongkat Pionering se-Jawa Timur.

“Sebagai remaja mari kita rencanakan masa depan kita dengan matang, nikmati masa muda dengan hal hal positif dan bermanfaat, namun jika terlanjur terjerumus ke jalan yang salah, pasti masih ada tempat untuk diri kita berubah menjadi lebih baik, karena kesempatan akan selalu datang,” pesan mahasiswa yang memiliki hobi berorganisasi dan bereksperimen ini.

Salah satu panitia Lomba GenRe Dori Yosua Sitorus mengatakan, Lomba Duta Genre bertujuan menjaring kaum milenial untuk menjadi role model dan mempromosikan program GenRe di lingkungan tempat mereka berada.

“Ini merupakan kegiatan rutin tahunan dari BKKBN dan GenRe Provinsi Papua,” terang Dori. Ia mengatakan, yang dinilai dalam lomba tersebut diantaranya tentang pengetahuan umum, substansi GenRe, pengetahuan tentang BKKBN, dan attitude peserta. “Semoga lomba duta GenRe dapat mencetak kaum millenial yang siap menjadi role model dan bersaing di era industri 4.0, mencetak remaja di Papua yang sehat, cerdas, ceria,” pungkasnya.

Lomba Duta GenRe Provinsi Papua 2020 diikuti oleh kaum millenial (Anak muda berusia 16-24 tahun) yang terdiri dari jalur pendidikan dan jalur masyarakat, sekolah, PAM Gereja dan Remaja Masjid di Jayapura. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments