Berita

Webinar PGMI : Guru PGMI Tidak Boleh Gaptek Teknologi di Era 4.0

Kolase Foto Webinar Pelatihan Penggunaan Google Classroom oleh HMPS PGMI

(www.iainfmpapua.ac.id) – Guru Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) atau Sekolah Dasar (SD) tidak boleh gagap (gaptek) teknologi di era revolusi industri 4.0. Ketua Program Studi (Prodi) PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua Didik Efendi, M.pd mengatakan hal tersebut dalam sambutannya di acara Website Seminar (Webinar) Pelatihan penggunaan google classroom yang diselengarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PGMI IAIN Fattahul Muluk Papua, tanggal 27 Agustus 2020.

“Menjadi guru SD saat ini, mau tidak mau harus tahu dan mampu menggunakan metode pembelajaran berbasis teknologi,” ungkap Didik. Menurutnya, di era revolusi industri 4.0 guru PGMI akan terus mengembangkan dan  memperbaiki pembelajaran di era digital dan mengikuti perkembangan jaman.

Kolase Foto Webinar Pelatihan Penggunaan Google Classroom oleh HMPS PGMI

“Untuk itu, mahasiswa PGMI yang nantinya menjadi calon guru harus terus update teknologi, tidak hanya update status saja,” candanya. Ia  juga mengatakan google classroom sangat penting bagi mahasiswa dalam proses pembelajaran saat ini. “Ini adalah bekal bagi mahasiswa dalam mengoperasikan google clasroom, jadikanlah metode pembelajaran ini sebagai kebutuhan primer yang harus dimiliki, untuk itu ikutilah kegiatan webinar ini dengan baik agar perkuliahan dimasa pandemi ini berjalan dengan lancar,” paparnya. Menurut Didik, kegiatan seperti ini akan terus digalakkan meski pandemi telah usai, agar mahasiswa terus mengenal digitalisasi.”Tahun depan kita akan menyambut era 5.0,hari ini belajar google classroom, kedepan teknologi akan berbasis android, jadi kita harus melek teknologi, bagi yang saat ini kesulitan tidak punya Handphone, segera menabung,” jelasnya.

Didik mengajak mahasiswa untuk tetap menjunjung akhlak yang tinggi di era teknologi. “Secanggih apapun teknologi, mari tetap junjung akhlak yang tinggi karena teknologi tidak dapat menggantikan tatakrama seorang  guru,” pesannya. “Silahkan simak materi yang disampaikan hingga selesai,jika tidak jelas silahkan bertanya, jika masih kurang paham konsultasi kepada Dosen,sukses terus Prodi PGMI dan Jaya selalu,” imbuhnya.

Sementara itu sebagai pemateri utama, Ika Putra Viratama, MPd memberikan Tutorial petunjuk penggunaan google classroom kepada Mahasiswa yang dimulai dari cara membuat akun email khusus untuk perkuliahan, cara bergabung ke google classrom dan cara proses menentukan Dosen, Materi Perkulihan, Jadwal, tugas dan lain sebagainya.

Acara Website Seminar (Webinar) Pelatihan penggunaan google classroom diikuti oleh Ketua LPM IAIN Fattahul Muluk Papua, Dosen IAIN Fattahul Muluk Papua, Mahasiswa dan Calon Mahasiswa Baru IAIN Fattahul Muluk Papua dengan moderator Aisyah Nurwati.

(Min/Zul/Her/Ran).

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments