Berita

Cegah Virus: Mahasiswa IAIN FM Papua Gabung RZ Semprotkan Disinfektan

(www.iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua bergabung bersama Rumah Zakat Jayapura menyemprotkan disinfektan ke beberapa tempat ibadah di Jayapura untuk menangkal penyebaran Coronaus Virus Disease 19 (COVID-19).

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) Yusup Siranda Muhammad Nur mengatakan, ia bersama beberapa mahasiswa lain bergabung dalam tim Relawan Nusantara Rumah Zakat (RZ) menyemprotkan disinfektan ke beberapa masjid di wilayah Jayapura.

“Kemarin kita lakukan penyemprotan di Masjid At Taqwa Hamadi, Masjid Apung Kampung Nelayan, Masjid Firdaus Asso Angkasa, Masjid Al Hikmah Tanah Hitam, Masjid Jami dan lainnya,” ujarnya kepada Tim Humas IAIN Fattahul Muluk Papua, 21 Maret 2020.

Menurutnya, untuk menjadi relawan, ia harus menyiapkan kondisi fisik yang sehat.

foto bersama relawan

“Selain itu, persiapan alat juga sesuai standar kesehatan, kita siapkan cairan disinfektan yang sesuai dengan rekomendasi kesehatan, kita menggunakan alat semprot, masker, kacamata, jas hujan dan sepatu boot sebagai safetynya,” ucap Yusup.

Mahasiswa yang sering aktif di kegiatan sosial ini berharap banyak mahasiswa maupun warga lain yang peduli terhadap kondisi di sekitarnya. “Mari kita membantu sesama kita, walaupun bukan dengan uang setidaknya dengan tenaga yang kita miliki,” pesannya.

Sementara itu, Siti Masruro, Mahasiswa Prodi Matematika Fakultas Tarbiyah mendapatkan dukungan dari keluarganya untuk melaksanakan kegiatan mulia ini.

“Saya suka ikut kegiatan-kegiatan menjadi relawan, meski awalnya merasa was-was tapi karena mendapat dukungan dari keluarga itu merupakan motivasi untuk menjadi lebih berani,” jelasnya.

Penyemprotan di masjid

Senada dengan Siti, Moh Saleh Rumatoras yang sedang menjalani tahap akhir studi juga merasa sangat senang bergabung dalam aktifitas relawan ini. “Sempat khawatir juga jangan sampai Virus Corona berdampak pada saya, tapi saya tetap optimis karena menjadi relawan harus siap siaga dalam kondisi apapun,” tuturnya.

Kegiatan disinfeksi/penyemprotan pencegahan Virus Corona ini direncanakan berlangsung hingga tanggal 27 Maret 2020.

Manager Rumah Zakat Jayapura Nugrah mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberi edukasi ke masyarakat terkait pentingnya menjaga diri dan memutus rantai penyebaran Virus Covid 19 di sekitar kita. “Selain itu, kegiatan ini juga bentuk wujud empati melalui tindakan nyata yang dilakukan oleh rekan-rekan relawan RZ Action yang juga didalamnya terdiri dari beberapa kampus salah satunya IAIN Fattahul Muluk Papua,” paparnya.

Ia mengatakan, selain di masjid, penyemprotan juga dilakukan di gereja, dan beberapa tempat fasilitas public lainnya.

Beberapa mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua yang bergabung dalam Relawan Nusantara RZ diantaranya Muhamad Anwar, Ayuk Dian, Nurlita, Dian Rahmawati, Ina, Hasna Rumatiga, Restia, Masa’alah Marasabessy, dan lainnya.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. Suparto Iribaram, MA mendukung penuh langkah para mahasiswa yang tergabung dalam Relawan Nusantara RZ.

“Ini demi keselamatan umat, semoga adik-adik mendapatkan kekuatan dalam mengerjakan penyemprotan disinfektan ini,” tambahnya. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments