Berita

Coaching Tulis Jurnal: One Day One Paragraph

(iainfmpapua.ac.id) – Menulis jurnal bisa dimulai dengan metode One Day One Paragraph. Guru Besar Antropologi FIB Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Prof. Irwan Abdullah, Ph.D menegaskan hal ini dalam ‘Coaching Penulisan Jurnal Ilmiah’ yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 29 November 2021.

Prof. Irwan Abdullah, Ph.D

“Yang terpenting adalah menyiapkan waktu untuk menulis dengan menggunakan metode one day one paragraph, menulislah setiap hari cukup dengan satu paragraph,” terangnya.

Menurutnya metode tersebut sangat efektif dan dapat meningkatkan produktifitas dalam menulis. “Jika metode tersebut anda terapkan selama 30 hari, maka anda akan menghasilkan 30 paragraf, jika anda menerapkannya secara terus menerus maka anda menghasilkan sebuah jurnal,” paparnya.

Prof. Irwan juga memberikan berbagai tips jitu dan motivasi dalam menulis. “Karena menulis itu adalah hal yang sederhana dan bukanlah hal yang sulit,” ucapnya. Selain itu, kunci sukses untuk dapat menulis yang baik adalah dengan banyak membaca artkel. “Budayakan membaca artikel dan pelajari ilmu-ilmu tentang penulisan jurnal yang saat ini dapat dengan mudah di akses di internet,” jelasnya. Dalam dunia pendidikan, nama besar sebuah Perguruan Tinggi dapat dilihat dari berapa banyak jurnal yang dipublish. “Karenanya para dosen dituntut untuk dapat membuat jurnal ilmiah, untuk mengembangkan nama perguruan tinggi dan untuk dapat memperlancar karir akademik,” imbuhnya.  Ia pun menegaskan agar para dosen dapat menanamkan mindset positif ketika membuat sebuah tulisan. “Bahwa tulisan anda akan sangat bermanfaat bagi banyak orang dan dapat mencerdaskan orang banyak, menulislah untuk dunia yang lebih baik, keluarga yang lebih baik dan masyarakat yang lebih baik,” pungkasnya.

Ketua LP2M, Dr. Suparto Iribaram, MA menyampaikan bahwa kegiatan ini dibagi dalam beberapa sesi. “Diantaranya sesi preview materi yang dilakukan hari ini, lalu akan dilanjutkan materi besok dan kemudian melakukan review hasil,” terangnya.  Review hasil tersebut akan dipresentasikan di depan reviewer bagi dosen-dosen yang telah melakukan riset sebelumnya. Menurutnya, kegiatan ini merupakan kesempatan yang bagus bagi dosen-dosen untuk dapat menambah wawasan dalam hal penulisan jurnal ilmiah. “Anda akan dapat mengetahui bagaimana bagaimana cara mengolah riset-riset ke dalam bentuk jurnal yang baik, dan bagaimana mempublikasikan jurnal berbasis nasional maupun internasional,” jelasnya.

Dr. H. Moh. Junaidin, M.A memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Kepala Biro AUAK Dr. H. Moh. Junaidin, M.A berpesan kepada para dosen agar dapat memaksimalkan waktu dan aktif dalam mengikuti coaching ini. “Dalam menulis agak sulit menentukan formula atau metode apa yang harus digunakan, namun hari ini anda akan menerima ilmu langsung dari pakarnya,” terangnya mewakili Rektor. Harapannya, ilmu yang didapat akan diimplementasikan dalam pembuatan jurnal ilmiah.

Kegiatan yang diselenggarakan selama 3 hari ini juga menghadirkan pemateri lain yakni Prof. Dr. Zaenudin Hudi Prasojo, M.A (Guru Besar IAIN Pontianak), Dr. Hasse Jubba, M.A (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), dan Dr. Saifuddin Zuhri Qudsy, M.A (UIN Sunan Kalijaga). Pembukaan Coaching ini dihadiri para pejabat dan dosen di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments