Berita

DWP IAIN FM Papua Ikuti Webinar Tentang Ilmu Parenting

(iainfmpapua.ac.id) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengikuti Webinar Nasional Kementerian Agama RI, 3 Maret 2021. Ketua DWP IAIN Fattahul Muluk Papua, Hj. Masyitah Fachria Alhamid, S.E sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan kegiatan ini dapat membuka pemikiran para orangtua yang terbiasa kaku dan strength dalam pola pembinaan kepada anak. “Wawasan kami ikut bertambah karena diberikan solusi dalam mengatasi masalah-masalah, mendapatkan trik trik untuk berkomunikasi yang efektif dan menyenangkan,” urainya.

DWP IAIN Papua menyanyikan lagu Indonesia Raya

Menurutnya, banyak ide-ide yang disampaikan pemateri tentang pentingnya kebersamaaan mengajak para suami untuk berperan aktif dalam pola pengasuhan kepada anak-anak. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung dan berkesinambungan, karena webinar ini mengumpulkan kita dan membuat silaturahmi antar DWP seluruh Indonesia dengan efektif dan efisien,” pungkasnya.

Webinar dengan tema ‘Membangun Pola Komunikasi Yang Efektif Antara Orang Tua Dan Anak’ ini membahas ilmu parenting dalam keluarga bersama Narasumber Psikolog Nasional Hj. Elly Risman Musa. Dalam materinya, ia mengatakan bahwa Iklim kondisi emosi di masa pandemi saat ini semakin tidak sehat, sehingga banyak persoalan yang muncul. “Hal yang harus dilakukan ialah memerdekakan diri kita dari pengaruh masa lalu, artinya, maafkan orangtua, pasangan, dengan anak-anak kita,” ujarnya. Setelah memaafkan, lanjutnya, kita harus mengakui kesalahan-kesalahan diri yang pernah diperbuat sebelumnya.

Tampilan Layar Hj Enny Yaqut Cholil

“Belajarlah untuk mendengarkan, belajar membaca bahasa tubuh, dan menebak perasaan juga merupakan skill yang harus selalu diasah orangtua dalam menerapkan komunikasi yang efektif terhadap anak,” terangnya.

Dalam sambutannya, Ketua DWP Kemenag RI Hj. Farikhah Nizar Ali menyampaikan bahwa webinar dengan tema parenting ini merupakan bentuk ikhtiar untuk menjadi orangtua yang baik, sehingga dapat melahirkan anak-anak yang sehat dan beraklakul karimah. “Dengan kita bisa membangun komunikasi yang baik, akan sangat mempengaruhi fisik anak, kepercayaan diri dan harga dirinya,” ucapnya.

Tampilan Layar Hj. Farikhah Nizar Ali

Senada dengan hal itu, Penasihat DWP Kemenag RI, Hj, Eny Yaqut Cholil mengatakan bahwa saat ini terdapat banyak keluarga yang kesulitan dalam mencari ritme komunikasi yang tepat dengan anak. “Komunikasi butuh pemahaman, antara anak dengan orangtua sering kali terjadi percekcokan akibat tidak adanya pehamaman yang baik,” jelasnya. Dengan webinar bertema parenting ini, pihaknya berharap dapat memberikan edukasi untuk menjadi orangtua yang diidam-idamkan para anak.

Webinar Nasional ini dihadiri oleh 610 peserta yang terdiri dari anggota Unsur Pelaksana DWP Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, DWP Kanwil Kemenag Provinsi, DWP Kankemenag Kabupaten dan Kota, DWP UPT Asrama Haji, DWP Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Agama. (Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments