Berita

Gamasurf: Sisihkan 700 Peserta, Mahasiswa HES IAIN Papua Raih Juara di 3 Kategori

(iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, Fajrul Hamdhani menyapu bersih tiga kategori terbaik dalam Gadjah Mada Sharia Economics and Business Undergraduate Research Festival (7th Gamasurf), di Kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, 12 November 2022.

Fajrul Hamdhani

Dalam lomba riset tingkat nasional ini, Fajrul mengalahkan peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk meraih juara di 3 kategori sekaligus, yakni Best Paper, Best Presentation dan Best Participant. Ia mengaku terkejut dan sempat tidak percaya bahwa papernya dengan judul ‘Peran Etika Bisnis Islam Pada E-Commerce Tokopedia Sebagai Upaya Maksimisasi Pangsa Pasar’ bisa mengalahkan 700-an peserta lain. “Awal mula saya tahu lomba ini dari info dari kakak alumni Ahmad Hafiz Jakiyudin yang mencari regenerasi dalam hal research,” urainya. Dengan waktu yang sedikit mepet, Fajrul mendaftar dan langsung mengajukan judul penelitian yang nantinya akan menjadi sebuah papper.  “Alhamdulillah saya lolos 15 besar untuk mengikuti even Gamasurf ini,” urainya kepada tim Humas. Fajrul mengaku banyak drama yang dilaluinya sebelum mencapai hasil tersebut. “Sempat mengabaikan untuk tidak mengerjakan papper ini, karena cukup sulit terutama background saya hanya menulis essay, dan belum pernah mengerjakan papper,” terangnya. Tapi, arahan dan motivasi dari mentor telah memacu semangatnya untuk menyelesaikan research. Mahasiswa semester tiga ini berharap bisa mendapatkan beasiswa dari kampus agar lebih bersemangat lagi dalam mengikuti lomba-lomba di even berikutnya. “Karena terkadang harus merogoh kocek pribadi untuk mengikuti perlombaan,” ucapnya dengan senyuman. Dalam waktu dekat, Fajrul akan mengikuti lomba karya tulis nasional di Bengkulu. “Mohon doanya agar dapat menjadi juara,” tutupnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Muhammad Zainal Abidin, M.E bersyukur bahwa perguruan tinggi agama di wilayah timur mampu bersaing dengan seluruh universitas di Indonesia. “Potensi-potensi yang lain masih banyak, tergantung sejauh mana kita memberikan support kepada mahasiswa,” tuturnya. Zainal berharap agar lebih banyak muncul mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Fattahul Muluk Papua yang dapat mengenalkan dan mengharumkan nama kampus di kancah nasional dan internasional.

Ketua panitia Gamasurf Melati Taman Anugerah menyebutkan bahwa pemenang cabang Best Participant ditentukan dari keaktifan peserta saat rangkaian acara lomba. Dilansir dari website resminya, lomba dengan tema ‘Peran Ekonomi Islam dalam Perkembangan Ekonomi Indonesia Menuju SDGs 2030’ yang diselenggarakan Fakultas Ekonomika Bisnis UGM ini merupakan kegiatan pelatihan riset ekonomika dan bisnis syariah tahunan bagi mahasiswa S1. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam hal riset dan penelitian. Kegiatan yang dimulai sejak 15 Oktober hingga 12 November ini digelar dalam rangka Sharia Economic Acts In Innovation (Sensation). Pemenang lomba mendapatkan sertifikat, medali, dan bingkisan dari panitia. (*)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments