Berita

Gelar Rakon, PPs IAIN Papua Upayakan Raih Akreditasi Unggul

(iainfmpapua.ac.id) – Program Pascasarjana (PPs) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua berupaya meraih akreditasi unggul untuk seluruh program studinya. Direktur PPs IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Husnul Yaqin, MH menyebutkan hal ini dalam kegiatan Rapat Konsultasi (Rakon) PPs IAIN Fattahul Muluk Papua di salah satu hotel di Entrop Jayapura, 23 Maret 2022.

“Program studi Hukum Keluarga Islam tahun ini harus akreditasi dan semoga kita dapat meraih nilai unggul,” ucapnya. Sedangkan untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam akan melakukan reakreditasi tahun 2023. “Kita akan siapkan tim dari sekarang untuk melaksanakan berbagai persiapan menjelang proses akreditasi,” tuturnya.

Untuk itu, lanjutnya, Husnul meminta masukan dan ide dari para peserta melalui rakon ini. “Mungkin ada kendala yang kita hadapi, dan bagaimana pemecahannya, mari kita diskusikan bersama, khususnya untuk menerima calon mahasiswa baru,” terangnya. Pihaknya juga menyampaikan perlunya sarana prasarana fisik yang memadai di PPs untuk menunjang upaya pencapaian nilai unggul.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan tentang pentingnya beradaptasi dengan perkembangan dunia pendidikan. “Segenap unsur pengelola Program Pascasarjana harus mengikuti berbagai sistem dan teknologi yang baru yang terus bermunculan di dunia pendidikan, khususnya tingkat pasca sarjana,” urainya.

Rektor menyebut hadirnya aplikasi untuk dosen dan mahasiswa yang harus digunakan dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi. “Maka, rakon ini harus dapat menghasilkan rumusan-rumusan dari konstruksi akademik yang berkualitas,” ucapnya. Menurut Rektor, usulan penambahan program studi baru harus berdasarkan masukan dan kebutuhan di masyarakat.

Ketua Panitia Rakon Dr. H. Miftahul Huda, MH menyampaikan bahwa rakon ini dimaksudkan sebagai sarana evaluasi, pelaksanaan, dan penyusunan program PPs IAIN Fattahul Muluk Papua. “Rakon diikuti peserta dari lingkup PPs IAIN Fattahul Muluk Papua dan peserta dari instansi lain,” terangnya. Pembukaan rakon dengan tema ‘Meningkatkan Tata Kelola Tridharma Menuju Pascasarjana Akreditasi Unggul’ ini dihadiri para wakil rektor, kepala biro, dosen, dan tenaga kependidikan di lingkup Program Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments