Berita

PGMI Gelar Webinar Media Pembelajaran Berbasis Android

Screenshot Hamdan Husain Batubara, M.Pd

(www.iainfmpapua.ac.id) – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar virtual workshop dengan tema ‘Mendesain Media Pembelajaran Berbasis Android’, 25 November 2020. Dalam opening speech, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si berharap agar webinar ini dapat mengkonstruksi kembali pikiran kita untuk mengembangkan Prodi PGMI dan prodi lainnya di kampus. Menurutnya problem setiap dosen dan mahasiswa adalah kesiapan mereka untuk memulai sebuah proses pembelajaran.

“Untuk proses kegiatan belajar mengajar harus memahami situasi dan kondisi dimana kita berada,” paparnya. Ia mengatakan problem yang dihadapi saat ini adalah mendesain metode pembelajaran bersifat online. “Problem-problem itu harus dipecahkan bersama-sama, harus ada inovasi-inovasi yang dilakukan,” pintanya. Ia menginginkan webinar ini mampu memunculkan inovasi agar kegiatan belajar mengajar lebih menarik, produktif dan mampu menjawab berbagai persoalan dan hambatan yang terjadi. Dihubungi terpisah, Ketua Program Studi PGMI IAIN Fattahul Muluk Papua Didik Efendi, M.Pd mengatakan bahwa webinar ini bertujuan membekali mahasiswa dan para guru di Kota Jayapura untuk menyongsong pembelajaran di era revolusi 4.0. “Di mana salah satu ciri pembelajaran di era ini adalah pembelajan berbasis Information and Communication Technology atau ICT,” paparnya.

Tangkapan Layar Webinar PGMI

Selain hal tersebut, lanjutnya, handphone bagi siswa SD/MI juga merupakan teman dekat yang tidak bisa dipisahkan, sehingga pembelajaran berbasis android adalah salah satu solusi pembelajaran pada saat ini. “Saya berharap dengan webinar ini para mahasiswa dan guru bisa menjadikan HP sebagai media pembelajaran,” terangnya.

Dalam materinya, Dosen UIN Walisongo Semarang Hamdan Husain Batubara, M.Pd, mengatakan bahwa topik webinar kali ini sangat aktual dan relevan dengan situasi dan kondisi terbaru. Menurutnya, merancang dan mengembangkan suatu produk berbasis android sangat bermanfaat untuk kegiatan belajar mengajar saat ini. “Dalam pembuatan media pembelajaran juga harus perhatikan prinsip-prinsip desain multimedia,” ujarnya.

Mahasiswa dan Guru perlu memperhatikan beberapa hal, seperti kesebandingan (proporsi) membuat ukuran atau objek nyaman dilihat, penekanan (emphasis) suatu objek tertentu untuk ditonjolkan pengguna, dan keseimbangan (balance) agar tata objek terlihat rapi dan mudah dibaca. “Selain itu perhatikan irama atau ritme mata, keselarasan atau harmoni, dan kesatuan atau unity, yaitu memiliki ciri khusus baik letak atau objeknya,” imbuhnya.

Webinar bersama Moderator Nur’im Septi Lestari, M.Pd ini diisi dengan tanya jawab yang atraktif dari peserta. Virtual Workshop diikuti oleh seluruh Mahasiswa Prodi PGMI IAIN Fattahul Muluk Papua dan peserta dari luar Jayapura. (Min/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments