Berita

Jelang HUT, DWP IAIN Papua Gelar Pelatihan Wirausaha

(iainfmpapua.ac.id) – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang ke-22, DWP Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan pelatihan wirausaha kepada para anggota DWP di area kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 23 November 2021. Ketua DWP IAIN Fattahul Muluk Papua, Masyitha Alhamid, S.E mengatakan bahwa kegiatan ini juga mengajak para mahasiswa untuk berlatih membuat usaha kuliner. “Kali ini kami memilih membuat nugget tempe, karena murah dan bahannya mudah didapatkan, serta memiliki nilai gizi,” jelasnya.

Ny. Masyitha Alhamid -kiri- membuka kegiatan pelatihan wirausaha

Pelatihan ini, lanjutnya, sebagai salah satu upaya membangun perekonomian keluarga anggota DWP IAIN Fattahul Muluk Papua. “Ini bisa menjadi langkah awal mahasiswa dan anggota DWP untuk terjun menciptakan kemandirian di bidang kewirausahaan, memulihkan UMKM di masa pandemi,” ucap Ummi Eri, sapaan akrabnya.

Menurutnya, ketika tempe sudah menjadi nuget, maka esensi tempe sudah berubah menjadi barang yang unik, berkualitas dan berdaya jual tinggi untuk bisa dipasarkan.

Para anggota DWP menyatakan antusiasme dalam mengikuti  dengan pelatihan ini. “Pelatihan ini sangat bermanfaat buat ibu-ibu, karena yang biasanya kita mengolah tempe dengan digoreng atau dioseng saja, tapi sekarang bisa diolah menjadi makanan frozen food yang awet, simple, bergizi dan enak,” ujar Atina Rahmah, M.Pd, yang juga menjabat sebagai Sekretaris DWP. Atina berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan untuk memupuk kekompakan dan memperkokoh persatuan DWP. 

Penyerahan tali asih

Selain pelatihan wirausaha, DWP IAIN Fattahul Muluk Papua juga menggelar kegiatan sosial penyerahan tali asih dan kunjungan anjangsana kepada para anggota DWP yang tengah tertimpa musibah. Tali asih berupa paket gizi susu, madu, dan biskuit disampaikan kepada kepada anak-anak karyawan IAIN Fattahul Muluk Papua pada bagian kebersihan, keamanan, dan pemeliharaan.

“Mohon para penerima manfaat untuk tidak melihat dari nilainya besarnya, akan tetapi kepedulian dan tali silaturahmi ini yang perlu kita pupuk sehingga bisa terjalin rasa kekeluargaan satu sama lain,” ujar Masyitha.

Nela Irawanti, salah satu karyawan IAIN Fattahul Muluk Papua penerima manfaat tali asih merasa bersyukur mendapatkan bantuan peralatan ibadah. “Semoga DWP semakin jaya ke depannya,” tutupnya.

Serangkain acara sosial DWP ini digelar dalam rangka menyambut HUT DWP tanggal 7 Desember 2021. Kegiatan dengan tema ‘Bersama Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia: Mental Sehat, Bisnis UMKM Pulih’ ini diikuti oleh seluruh anggota DWP IAIN Fattahul Muluk Papua, perwakilan mahasiswa dari tiap fakultas, dan sejumlah karyawan. (Zul/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments