Berita

Hadirkan Pelaku Keuangan Syariah, Prodi PS Gelar Praktikum Akuntansi Syariah

(iainfmpapua.ac.di) – Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar Praktikum Akuntansi Syariah, di Aula Kampus, Jalan Merah Putih, Buper Waena, Kota Jayapura, 23 November 2021.

Dalam sambutan pembukaan praktikum, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Dr. Anang Firdaus, M.Fil.I menyampaikan bahwa praktikum akuntansi syariah ini merupakan suatu upaya peningkatan eksistensi FEBI ke arah yang lebih baik.

Fachrudin Fiqri Affandy, M.E

“Saat ini, FEBI belum memiliki Prodi Akuntansi Syariah, oleh sebab itu, ada inisiatif untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang akuntansi syariah dari pakar-pakar atau mitra yang menggeluti bidang ini,” ujarnya.

Di hadapan para mahasiswa, Anang memotivasi para peserta praktikum untuk aktif berdiskusi seputar akuntansi syariah. “Ini dapat menjadi bekal kalian pada saat lulus nanti,” pesannya. Dekan mengatakan, kuantitas dan kualitas kegiatan seperti ini akan diharapkan saling memberi manfaat dan mempererat penguatan silaturahmi kepada para mitra.

Reni Cendrasari

Di kesempatan yang sama, Ketua Panitia Fachrudin Fiqri Affandy, M.E menyebutkan bahwa Akuntansi Syariah adalah mata kuliah keahlian yang harus dipahami para mahasiswa FEBI. “Kami mengundang Bank Syariah Indonesia atau BSI sebagai narasumber dengan harapan bisa mengambil ilmu langsung dari praktisi Akuntansi Syariah ini,” tuturnya.

Dalam materinya, Branch Manager BSI cabang Jayapura, Reny Candrasari menjelaskan bahwa dalam istilah akuntansi Syariah terdapat istilah Murabahah atau Jual Beli, Mudarobah atau bagi hasil, dan ijarah atau sewa yang akan berbeda prosesnya sesuai akad di awal. “Prinsip  Ini yang menjadi sebuah perbedaan mendasar bank konvensional dengan Bank Syariah,” paparnya. Kegiatan juga menghadirkan Narasumber Consumer Business Relationship Manager (CBRM) Bank Syariah Indonesia Jufri. Prkatikum Akuntansi Syariah ini dipandu Field Collector Micro Bank Mandiri Papua, M. Saleh Rumatoras, S.E yang merupakan Alumni Prodi Perbankan Syariah FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua tahun 2016.

Saleh Rumatora

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat dan staff di lingkup FEBI IAIN Fattahul Muluk Papua. (Zul/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments