Berita

Giat Bela Negara Wujud Cinta Tanah Air

(iainfmpapua.ac.id) – Kegiatan Pengembangan Karakter Bela Negara merupakan wujud rasa cinta mahasiswa kepada tanah air dan bangsa Indonesia. Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua Prof. Dr. H. Idrus Alhamid, S.Ag, M.Si menegaskan hal ini saat menjadi Inspektur pada Upacara Pembukaan Kegiatan Pengembangan Karakter Bela Negara Mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua di Kawasan Rindam XVII Cenderawasih Sentani, Jayapura, 25 November 2021.

Rektor menyematkan tanda peserta

“Bela negara adalah pengejawantahan nilai-nilai cinta pada tanah air, khususnya buat para mahasiswa baru di kampus,” ujarnya didampingi Komandan Dodik Bela Negara Rindam XVII Cenderawasih Letkol. Yulianto. Menurutnya, kegiatan ini juga akan memupuk rasa persaudaraan dan kesetiaan pada setiap diri pemuda. “Sebagaimana Sumpah Pemuda, anda diharapkan menghayati peran dan tugas anda sebagai warga negara, tidak hanya sebatas pada euforia seremonial semata,” tegasnya.

Kegiatan Bela Negara ini diharapkan dapat memberi kontribusi pemahaman pada para mahasiswa untuk melahirkan semangat kebhinekaan. “Anda akan dididik untuk paham integritas NKRI yang majemuk dengan teritorial yang luas, yang berbeda dengan negara lain,” ucapnya.

Rektor berpesan agar para mahasiswa peserta kegiatan Bela Negara menjadi pribadi yang tangguh dan siap mengikuti segala tata tertib yang diterapkan para pelatih. Menurutnya, kegiatan ini dapat ditindaklanjuti dengan kolaborasi antara para mahasiswa dengan prajurit di even yang berbeda di tengah-tengah masyarakat.

“Salam hormat kepada para Pelatih dan Komandan di Rindam, semoga kegiatan ini dapat terus dijalankan secara berkelanjutan di masa depan,” pungkasnya.

Kegiatan Pengembangan Karakter Bela Negara (Lokal) melibatkan 80 peserta mahasiswa semester 1 IAIN Fattahul Muluk Papua yang menerima Beasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah. Mereka berasal dari Fakultas Syariah (Hukum), Fakultas Tarbiyah, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Para peserta akan menerima materi dan pendidikan Bela Negara selama tiga hari di kawasan Rindam XVII Cenderawasih.

Upacara Pembukaan Kegiatan Bela Negara turut dihadiri para pejabat dari IAIN Fattahul Muluk Papua maupun dari Rindam XVII Cenderawasih. (Zul/Ran)

Sharing Is Caring
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments