Berita

Kompetisi Writing Academy: Paper Mahasiswa TBI IAIN Papua Terpilih di Jurnal Harmoni

(iainfmpapua.ac.id) – Mahasiswi Program Studi Tadris Bahasa Inggris (TBI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua terpilih mengikuti kompetisi Writing Academy Jurnal Harmoni yang diselenggarakan oleh Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama bekerjasama dengan BRIN, di Solo, 25 September 2023.

Kurnia Putri Ayu, mahasiswi prodi TBI terpilih sebagai perwakilan peserta yang mengikuti pelatihan dan pendampingan terkait penulisan dan reviewer jurnal selama 5 hari. “Sebelum terpilih dan lolos seleksi sebagai peserta, saya mengirimkan hasil tulisan saya kepada panitia sesuai dengan template yang sudah ditentukan,” ujarnya pada Tim Humas 3 Oktober 2023. Dalam jurnalnya, Kurnia memilih tema Hubungan Antarumat Beragama dengan judul ‘Taburar: Memahami Moderasi Melalui Pintu Rumah di Kampung Ugar’. “Tulisan ini mendeskripsikan terkait praktik moderasi yang dilakukan masyarakat Kampung Ugar, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat,” tuturnya. Menurutnya, terdapat fungsi dan peran pada pintu rumah masyarakat Kampung Ugar. “Yakni sebagai gambaran dari sikap saling percaya dimana masyarakatnya berpegang teguh akan filosofi kampung sebagai basis nilai dan norma yang dijadikan sebagai pedoman untuk mengatur kehidupan keluarga dan masyarakat,” jelasnya. Kurnia juga menuturkan bahwa filosofi dan kepercayaan masyarakat kampung ugar tersebut membuat mereka dapat beradaptasi pada era saat ini. “Khususnya beradaptasi dengan paham baru yang masuk kedalam kampung dan mempunyai sudut pandang yang moderat,” urainya.

Kurnia juga menggambarkan rasa antusiasmenya dapat memiliki kesempatan mengikuti kegiatan In House Training Jurnal Harmoni ini. “Ini merupakan bagian dari proses saya belajar untuk bisa menulis dengan baik dan benar karena saya mendapat banyak ilmu dari para narasumber mulai dari trik menulis jurnal nasional dan internasional, etika penulisan jurnal dan saya juga mendapat pembimbingan dan review mengenai tulisan saya oleh tim pengajar dan tim pembimbing langsung,” imbuhnya.

Ketua Prodi TBI Fakultas Tarbiyah Rahmawansyah, M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada unsur fakultas dan pimpinan kampus yang memberikan kesempatan dan dukungan penuh untuk mahasiswanya. “Terimakasih juga kepada para dosen pembimbing KKN dari Kurnia Putri Ayu, karena bagaimanapun karya tersebut hadir dan sebagai wujud nyata proses KKN Moderasi Tahun 2022,” tuturnya. Kepala Pusat Riset BRIN Prof. Dr. Ali Humaedi menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan dampak positif langsung terhadap kesejahteraan masyarakat pedesaan. “Selain itu bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapat reward berupa sertifikat dan publikasi hasil tulisan atau jurnalnya,” ungkapnya. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai peserta dari masing-masing lembaga dan peruguruan tinggi. “Mulai dari IAIN Pontianak, Fisip UPN Veteran Jakarta, BRIN, UIN Malang, Politeknik Negeri Jakarta, KUA Malang, IAIN Kendari, UIN Surakarta, UIN Salatiga Universitas Mercu Buana, dan lainnya,” terangnya. Proses selanjutnya, seluruh artikel dari peserta yang sudah terpilih ini akan dipublish di jurnal Harmoni. (Za/Is/Zul/Her/Ran)

Sharing Is Caring
3 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments